MAKASSAR, Camat Manggala Drs. Anshar Umar, M.Si, melaunching secara resmi berdirinya Birma Rumah Kreatif yang diinisiasi ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bersama pemerintah kelurahan Biring Romang, di halaman studio Birma Rumah Kreatif, Jl. Arkeologi, komplek Unhas Biring Romang, Senin (23/9) malam.

Dalam sambutannya Anshar mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan LPM bersama lurah Biring Romang, dengan terlebih dahulu melatih generasi mudanya mengolah limbah plastik menjadi barang bernilai ekonomi, adalah sebuah upaya yang patut diapresiasi, terlebih dengan ditindaklanjutinya kegiatan tersebut dengan berdirinya Birma Rumah Kreatif.

“Ini adalah sebuah trobosan yang patut kita berikan apresiasi, dengan pemberian pelatihan kepada generasi muda Biring Romang yang dilanjutkan dengan launching Birma Rumah Kreatif, saya berharap Biring Romang sebagai kelurahan baru dapat menjadi pionir dalam pengembangan industri kreatif,” tegas Anshar.

ketua LPM Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo mengatakan, bahwa pendirian Birma Rumah Kreatif yang diawali pelaksanaan pelatihan Daur Ulang Plastik (DUPA) dengan menghadirkan pemateri dari Malang Jawa Timur, Taufiq Hotbottlles adalah sebagai upaya untuk menyatukan semua potensi kreatif yang dimiliki generasi muda.

“Hari ini kami hadirkan di sini 113 buah produk yang dihasilkan peserta pelatihan DUPA selama 2 di bawah binaan pemilik museum botol di Malang Muh. Taufiq Hotbottlles merupakan langkah awal untuk membangun keterterikan anak muda Biring Romang dalam mendaurulang plastik menjadi barang bernilai ekonomi,” tegas Ambang.

Sementara itu menurut Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE, pihak pemerintah kelurahan akan berupaya untuk terus mengawal dan mendampingi apa yang telah dimulai, benar-benar bisa memberikan manfaat baik dalam mewujudkan SDM Biring Romang yang unggul atau dalam terwujudnya sentra-sentra industri kreatif di Biring Romang.

“Sebagai lurah saya tentu saja berkewajiban untuk terus mengawal dan mendampingi apa yang telah kita mulai bersama, dan selain itu akan berupaya untuk terwujudnya SDM Biring Romang yang unggul serta terbentuknya sentra-sentra industri kreatif di Biring Romang,” tegas Sofi.(t4nk)