Beranda » Makassar » Birma Rumah Kreatif Raih Juara Harapan I Kompetisi Desain IKM Expo & Celebes Craft 2019
Birma Rumah Kreatif Raih Juara Harapan I Kompetisi Desain IKM Expo & Celebes Craft 2019
Makassar

Birma Rumah Kreatif Raih Juara Harapan I Kompetisi Desain IKM Expo & Celebes Craft 2019

MAKASSAR, Meski baru berusia 1 bulan lebih, Birma Rumah Kreatif yang bermarkas di Jl. Mesjid Baiturrahman VII, RT. 04/ RW. 01, kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, berhasil memperoleh prestasi sebagai Juara Harapan I, Kompetisi Desain dalam IKM Expo dan Celebes Craft 2019, yang digelar Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan, di Nipah Mall Makassar, Jum’at (15/11).

Birma Rumah Kreatif atau juga dikenal dengan nama Biring Romang Rumah Industri Kreatif (Birma Rindu Kraf) , yang menampilkan sejumlah produk kreatif berbahan dasar botol plastik bekas tersebut, berhasil mengalahkan ratusan desain kreatif produk unggulan lainnya yang berasal dari 24 kabupaten / kota se Sulawesi Selatan.

Pendiri Birma Rumah Kreatif, Ambang Ardi Yunisworo, kepada Media Sulsel, mengaku terkejut dan bangga atas prestasi yang diraihnya tersebut, karena keikutsertaannya dalam IKM Expo dan Celebes Craft 2019 tersebut hanya sekedar untuk mengenalkan keberadaan Birma Rindu Craft dan tidak mematok target apapun, dan bahkan dirinya tidak mengetahui, jika dalam event tersebut juga terdapat perlombaan.

“Terus terang saya kaget dan tentu saja bangga, karena keikutsertaan kami dalam pameran ini hanya sekedar untuk mengenalkan keberadaan kami, dan tidak mengusung target apapun, bahkan kami tidak tahu kalau dalam kegiatan ini ada diperlombakan,” tukas Ambang yang juga merupakan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar itu.

Selain itu Ambang juga mengaku tidak menduga, bahwa apa yang dilakukan bersama timnya di Birma Rindu Kraf memperoleh apresiasi yang begitu besar baik dari panitia maupun Dinas Perindustrian Sulsel, selaku penyelenggara.

“Yang pasti saya mewakili seluruh tim Birma Rindu Kraf menyampaikan terima kasih yang sangat besar kepada Dinas Perindustrian Sulsel, yang telah memberikan kami kesempatan turut berpartisipasi dalam event akbar ini, dan bahkan kami diberikan apresiasi yang luar biasa dengan predikat prestasi yang diberikan kepada kami ini,” lanjut Ambang.

Sementara itu, menurut salah satu anggota Birma Rindu Kraf, St. Muliati, dengan prestasi yang diperoleh tanpa pernah dibayangkan itu, menjadikan dirinya semakin tercambuk untuk terus berupaya agar Birma Rindu Kraf lebih eksis dan mempu terus berkarya memanfaatkan limbah plastik yang ada di sekitarnya.

“Sedikitpun kami tidak pernah bayangkan akan memperoleh prestasi sebagai juara dalam expo ini, tapi ini akahirnya menjadi cambuk bagi kami untuk terus berupaya maju mewujudkan eksistensi Birma Rindu Kraf, melalui karya-karya kreatif lainnya, dengan memanfaatkan limbah plastic yang ada di sekitar kami,” tegas Muli.

Untuk diketahui selain menobatkan Birma Rindu Kraft sebagai juara Harapan I, dalam kategori Kompetisi Desain, juri juga menetapkan IKM Petta Panre Bessie, kabupaten Bone sebagai Juara I, disusul IKM Kerajinan Eceng Gondok Luwu Timur sebagai Juara II, IKM Nemo Indah Kerajinan Rotan Luwu Utara, sebagai Juara III, Marni Craft Bantaeng, Juara Harapan II dan IKM Bengkel Kreatif Maros sebagai Juara Harapan III. (T4ng)