Advertisement - Scroll ke atas
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
Internasional

Donald Trump Terpilih Jadi Presiden AS Ke-45

425
×

Donald Trump Terpilih Jadi Presiden AS Ke-45

Sebarkan artikel ini
  • Pemprov Sulsel
  • PDAM Kota Makassar
  • Banner DPRD Makassar

MEDIASULSEL.com,- Donald Trump dipastikan terpilih menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat, sebuah kemenangan yang menakjubkan bagi pengusaha, selebriti dan politisi pemula yang mengkapitalisasi kegelisahan pemilih mengenai ekonomi, memanfaatkan ketegangan rasial dan menghindari serangkaian tuduhan serangan seksual dalam perjalanannya menuju Gedung Putih.

Calon yang diusung Partai Republik ini meraup suara terbanyak dalam Pemilihan Umum Presiden yang digelar Selasa, 8 November waktu setempat.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Hasil penghitungan cepat yang dilakukan www.politico.com hingga pukul 02.33 Rabu dinihari waktu setempat, Donald Trump yang didukung Partai Republik sudah mengantongi 276 suara electoral college, jumlah ini sudah cukup untuk membuatnya melenggang ke Gedung Putih. jumlah suara minimal yang harus diraih calon presiden untuk memenangi pemilihan yakni 270 suara electoral college. Apalagi suara Donald Trump masih mungkin bertambah karena saat ini penghitungan suara masih berlangsung di sejumlah negara bagian.

Hillary Clinton tak mungkin lagi mengejar perolehan suara Donald Trump. Sebab calon yang diusung Partai Demokrat ini baru mendapatkan 218 suara electoral college. Kekalahan ini mengubur impian Hillary mengikuti jejak suaminya Bill Clinton menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat.

Dalam sambutannya di Hotel Hilton di New York sesaat setelah dirinya dipastikan memenangi pemilihan, Donald Trump mengatakan jika Hillary Clinton telah menyampaikan ucapan selamat kepadanya.

Kepada pendukungnya, Trump berjanji untuk merebut kembali ‘American Dream’. “Orang-orang yang terlupakan tidak akan dilupakan lagi. Kita akan berlaku adil bagi semua. Semua orang. Semua bangsa,” kata Trump pada Rabu dinihari waktu setempat.

Kemenangan Donald Trump diraih di Kansas, North Dakota, South Dakota, Texas, Wyoming, Nebraska, Indiana, Kentucky, dan West Virginia. Sementara Hillary memenangi pemungutan suara di New York, Vermont, Illinois, New Jersey, Massachusetts, Maryland, Delaware, Rhode Island dan Washington.

Lihat Juga:  Ledakan Keras Guncang Manhattan kota New York

Kemenangan Donald Trump ini sangat mengejutkan publik dunia karena dalam jajak pendapat terakhir, suaranya kalah dari Hillary Clinton. Jajak pendapat tersebut antara lain dilakukan oleh Reuters/Ipsos, New York Times, dan BBC.

Kontroversi terbesar adalah ucapannya yang dinilai merendahkan perempuan pada 2005 lalu. Komentar Trump ini terekam dalam video yang beredar selama masa kampanye. Trump, alih-alih meminta maaf, justru menyebut video tersebut sebagai konspirasi untuk menjatuhkan dirinya.

Rencananya Trump akan merayakan kemenangannya di Hilton Hotel yang ada di pusat Kota Manhattan, hanya beberapa blok dari Trump Tower yang menjadi kediamannya. (voaindonesia)

error: Content is protected !!