Pengurus DPD APSI Sulsel ,menyerahkan Apresiasi kepada anggota Satpam bertugaas di KC BRI Makassar Central, yang dinilai berhasil menegakkan Protokol Kesehatan, saat menghadapi oknum LSM Pelanggar Prokes

MAKASSAR—Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Profesi Security Indonesia (APSI) Sulsel, Senin (1/2/2021) memberikan apresiasi khusus kepada Hasruddin, Satpam yang bertugas di KCP BRI Makassar Central, yang belum lama ini Viral berkat aksi tegasnya mengahalau oknum pimpinan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang memaksakan diri masuk ke dalam area tugasnya dengan melanggar protokol kesehatan (Prokes).

Apresiasi dalam bentuk pemberian uang tunai dan seragam baru Satuan Pengamanan (Satpam) diserahkan langsung Ketua APSI Sulsel, Abdi Asmara, bersama Sekretaris Umum, MUh Tri Yono, didampingi Bendahara, Muh. Ansar, serta 2 pengurus APSI lainnya, Akmal Asnawi dan Burhanuddin, di Kantor Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP), PT. Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) Cabang Makassar, Jl. AP. Pettarani Makassar.

Menurut Ketua APSI Sulsel, Abdi Asmara, apresiasi tersebut diberikan, sebagai bentuk penghargaan kepada satpam bersangkutan, atas keberanian dan ketegasannya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya), menegakan aturan yang berlaku di lokasi kerjanya, khususnya penerapan Protokol Kesehatan.

“Kami selaku Asosiasi Profesi Security, tempat dimana seluruh anggota Satpam bernaung, merasa sangat perlu memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh saudara Hasruddin, anggota Satpam PT. PKSS yang ditempatkan di kantor BRI KC Makassar Central, yang telah berhasil melakukan penegakan Prokes terhadap oknum LSM beberapa hari lalu,” tegas Abdi yang juga merupakan Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar tersebut.

Sementara itu Sekretaris Umum APSI Sulsel, Muh. Tri Yono mengatakan, bahwa momentum HUT Satpam ke-40 di Sulawesi Selatan diwarnai dengan adanya oknum LSM yang memaksakan kehendaknya untuk memasuki kantor BUMN Perbankan dengan tidak mengindahkan Protokol Kesehatan sebagaimana ditetapkan pemerintah, dengan cara memaksa dan mengintimidasi anggota Satpam yang bertugas.

“Alhamdulillah meski dalam tekanan dan intimidasi sebagaimana video yang viral beberapa hari terakhir, namun Satpam yang bersangkutan mampu tetap dengan tenang menjalankan Tupoksinya dengan baik,” lanjut Tri.

Lebih lanjut menurut Tri dengan berbekal video yang viral tersebut, Polda Sulawesi Selatan bersama APSI Sulsel, melalui Direktur Binmas, Kombes Pol. H. Andi Heru Santo, segera mengambil tindakan untuk memproses oknum LSM tersebut, dalam bentuk meminta oknum LSM tersebut untuk meminta maaf kepada masyarakat dan pemerintah atas tindakannya yang tidak mengikuti Prokes.

Untuk diketahui, saat ini DPD APSI Sulsel sebagai wadah profesi Satpam sedang merayakan Ultah Satpam yang ke 40, yang rencananya akan upacara peringatan HUT Satpam tersebut akan dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia, pada Selasa, 02 Pebruari 2021, secara Daring dan Luring.

“Apresiasi atas kemampuan Satpam dalam menegakkan Protokol Kesehatan ini, kita lakukan sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT Satpam ke 40, yang akan dirayakan secara bersama seluruh Indonesia pada Selasa, 02 Pebruari 2021, besok,” pungkas Tri Yono. (464Ys)