MAKASSAR – Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka Mengatakan untuk saat ini jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 365, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 80,sementara Positif 33 Orang.

Hal itu diungkapkan dalam teleconference bersama media Sabtu (28/3).

Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka Mengatakan,Sebagai orang yang baru saja mendapat tugas sebagai ketua gugus maka telah dilaksanakan rapat koordinasi bersama semua pihak,termasuk dihadiri Wakil Gubernur Sulsel.

“Setelah saya menerima tugas sebagai ketua Gugus tugas maka kami lansung melaksanakan rakor bersama yang dihadiri berbagai pihak termasuk para tokoh agama,ormas,termasuk TNI,Polri maupun lainnya untuk mempertegas tugas dan tanggung jawab masing-masing,” Ungkap Andi Sumangerukka

Dia Menyebutkan Untuk saat ini ODP 365 orang,PDP 80 orang sementara Positif 33 orang dan dari 33 itu meninggal Dunia 4 orang.

“Pasien positif yang berjumlah 33 orang saat ini terus diobservasi,dan kita berharap seluruh paramedis menjalankan tugasnya dengan baik dan mereka dapat sembuh kembali,kemudian mengingat jumlah ODP yang terus meningkat maka tindakan preventif akan terus kami lakukan termasuk akan menghadirkan dua drone yang dapat mengukur suhu tubuh,sebutnya.

Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka lebih jauh mengaku,sebagai tahap awal sebanyak dua unit drone akan dihadirkan dan bisa difungsikan pada hari senin mendatang.

“Fungsi dari Drone sama seperti yang ada dibandara maupun pelabuhan yang berfungsi untuk pengecekan suhu tubuh, yang nantinya akan diterbakan di daerah-daerah atau kawasan yang ramai seperti dipasar maupun lainnya,sehingga orang yang terindentifikasi atau dicurigai lansung ditangani.Jelasnya.

Pangdam XIV Hasanuddin,Menambahkan sistem IT yang terkoneksi disemua daerah telah dilakukan sehingga semua terpantau setiap hari dengan baik.

“Kami terus pantau setiap hari sesuai laporan dari daerah, seperti apa penyebaran Virus Corona sehingga langkah cepat bisa Segera dilakukan,” Tambahnya. [*]