Hamzah Hamid, Anggota DPRD Makassar.
Hamzah Hamid, Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar dari Fraksi PAN.

MAKASSAR—Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar dari Fraksi PAN, Hamzah Hamid, berjanji akan segera menindaklanjuti pemberitaan terkait pembangunan rumah toko yang diduga dibangun di atas tanah Fasilitas Umum (Fasum) di Jalan Agus Salim, Kecamatan Wajo, kota Makassar.

Hal itu disampaikan Hamzah yang juga merupakan ketua DPD PAN Kota Makassar itu kepada Media Sulsel melalui pesan WhatsApp, Selasa (27/01/2021).

“Terima kasih atas informasi yang diberikan, saya beserta tim akan ke lokasi meninjau langsung untuk memastikan alas hak dan lokasi fasum jalan yang di maksud dalam pemberitaan tersebut,” ujar Hamzah dalam pesan berbasis WhatsApps.

Hal itu disampaikan Hamzah menanggapi pemberitaan sebelumnya, di mana sebuah rumah toko BG yang berada di Jl. Agus Salim yang dulunya Jl. RS. Akademis, diduga dibangun di atas lahan Fasum jalan dan diduga kuat tidak memiliki alas hak yang sah.

Salah seorang staf Dinas Penataan Ruang, Kota Makassar, Karyadi Kadir, menyilahkan Media Sulsel bertanya ke Bagian Hukum Setkot Makassar, karena menurutnya notulen rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) yang terakhir dilaksanakan, dipegang Bagian Hukum Pemkot untuk dikaji bukti kepemilikannya dan jika diindikasi memang salah maka Pemkot diminta untuk mengambil upaya hukum.

Sedangkan Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, hingga berita ini diturunkan, permintaan klarifikasi yang dilakukan Media Sulsel melalui Pesan WhatsApp, belum juga ditanggapi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Manai Shopian meyakini, bahwa jika ada surat dari Dinas Pertanahan yang dipegang oleh yang mengaku pemilik lahan, surat tersebut dipastikan palsu.

“Tahun berapa Dinas Pertanahan Kota Makassar dibentuk dan surat itu keluar tahun berapa, dilihat dari situ saja sudah jelas. Sampai sekarang belum ada yang ganti posisi saya, jadi saya pastikan itu Palsu surat yang dikeluarkan Badan Pertanahan yang dimiliki pemilik bangunan tersebut,” tegas Manai Shopian. (70n)