Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN dan Percepatan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Perilaku Pegawai ASN pada Instansi Pemerintah, yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Makassar, Senin, 9 Maret 2020.

MAKASSAR – Ketua Komisi ASN Agus Pramusindo menegaskan Sekertaris Daerah dan BKD menjadi ujung tombak netralitas ASN pada Pilkada Serentak di kabupaten/kota.

“Sekda dan BKD adalah ujung tombak yang akan memberikan semacam peringatan kepada ASN agar tetap netral,” jelasnya pada Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN dan Percepatan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Perilaku Pegawai ASN pada Instansi Pemerintah, yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Makassar, Senin, 9 Maret 2020.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat mengatakan, dalam melakukan pengawasan netralitas ASN, dibutuhkan peran pemimpin yang aktif, khususnya kepada ASN di 12 kabupaten/kota di Sulsel. Memberikan proses edukasi, yang terkait kode etik dan perilaku yang tentunya harus disosialisakan.

“Untuk melakukan semua ini, kembali lagi bagaimana komitmen leader. Pemimpin diharapkan melakukan pengawasan secara terus menerus dan berkala, sehingga kedepannya ASN menjadi disiplin dan netral. Bagaimanpun juga, ini adalah tugas prioritas nasional yang kita harus sukseskan. Tentu dari pemprov memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Rakor Pegawasan Netralitas ASN, Dr Arie Budhiman MSi, melaporkan, tujuan dari dilaksanakannya Rakor ini, untuk mewujudkan ASN yang profesional , beretika, dan netral pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Kampanye Publik Netralitas ASN, yang telah dilaksanakan pada Minggu, 8 Maret 2020.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Ketua Badan Pengawas Pemilu RI Abhan SH MH, Kepala Kanreg IV BKN Makassar Drs Harun Arsyad SH MH, Kepala Subid Wil 3 Direktorat Jendral Otnomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Gensly SE MPA, dan para Sekretaris Daerah Provinsi Wilayah Kerja Kanreg IV BKN Makassar, serta para Kepala BKD/BKPSDM Provinsi, Kabupaten/Kota se Sulsel. (*)

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN dan Percepatan Nilai Dasar, Kode Etik, Kode Perilaku Pegawai ASN pada Instansi Pemerintah, yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Makassar, Senin, 9 Maret 2020.