KPU Pangkep Ajak Masyarakat Kunjungi Situs Info Pemilu, Cek Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu

KPU Pangkep Ajak Masyarakat Kunjungi Situs Info Pemilu, Cek Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu
KPU Pangkep mengajak masyarakat mengecek data diri di website yang disediakan KPU guna mengidentifikasi keanggotaan partai politik calon peserta pemilu. (Mediasulsel.com/Udin Syahruddin)

PANGKEP—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), mengajak masyarakat mengecek data diri di website yang disediakan KPU guna mengidentifikasi keanggotaan partai politik calon peserta pemilu.

Sebagaimana disampaikan Koordinator Teknis KPU Pangkep, Aminah, bahwa situs yang disediakan KPU, yaitu infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik, untuk memudahkan masyarakat atau peserta pemilu, maupun calon peserta pemilu, mengecek data keanggotaan partai politik.

“Situs ini untuk memudahkan masyarakat mengecek data keanggotaan partai politik calon peserta pemilu, pihak-pihak yang masuk sebagai pengurus atau anggota partai politik,” ujar Aminah, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan Aminah, berkaca pada pemilu sebelumnya, tidak sedikit warga yang ditemui di lapangan, yang merasa bukan anggota salah satu partai politik, namun namanya masuk dalam keanggotaan partai politik tertentu, saat tahapan yang sama seperti saat ini, yaitu pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta pemilu.

“Saat ini tahapannya masih proses pendaftaran partai politik calon peserta pemilu di KPU RI, sampai nanti tanggal 14 Agustus 2022. Setelah itu akan ada data diturunkan ke KPU kabupaten/kota, data-data keanggotaan dan kepengurusan yang akan kami verifikasi, baik administrasi maupun faktual di lapangan,” ungkap Aminah.

Bahkan, lanjut Aminah, masyarakat dapat membuat tanggapan masyarakat melalui situs helpdesk.kpu.go.id, dimana nantinya ada form yang dapat diisi disertai identitas diri penanggap dan bukti-bukti yang dijadikan penguat. (*)

Berita Lainnya

Berita Terkait