Beranda Β» Makassar Β» Mahasiswa FKM Unhas Ajak Warga Konsumsi Pangan Lokal
Makassar

Mahasiswa FKM Unhas Ajak Warga Konsumsi Pangan Lokal

MAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang melakukan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan III di Desa Beroanging, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, menyelenggarakan lomba masak, Senin (15/1/2018).

Dalam lomba dilaksanakan di Kantor Desa Beroanging itu, diikuti perwakilan dari 6 Kelurahan yang ada di desa tersebut, dengan setiap tim terdiri atas 3 orang dan diwajibkan untuk menyajikan makanan sehat gizi seimbang.

Koordinator Pelaksana Kegiatan, Umi mengatakan, bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan memperkuat konsumsi pangan lokal untuk mendukung kegiatan Germas, serta dapat menyadarkan masyarakat agar memanfaatkan pangan lokal dalam menyajikan makanan sehat bergizi seimbang di rumah tangga.

“Di desa ini banyak pangan lokal yang kaya nutrisi, salah satunya daun kelor,” kata Umi dalam sambutannya.

Sementara itu, Dosen Supervisor Pembimbing Lapangan III, Muhammad Rachmat, yang hadir pada kegiatan tersebut, menjelaskan konsumsi daun kelor di tingkat rumah tangga perlu digalakkan untuk mencegah anemia, khususnya bagi ibu hamil.

“Konsumsi daun kelor sangat baik, khususnya bagi ibu hamil. Daun kelor kaya akan zat besi sehingga dapat mencegah anemia. Sesuai namanya, miracle tree, kelor memang ajaib”, tutur Rahmat.

Nampak urut hadir dalam event tersebut antara lain sejumlah kader PKK Kecamatan Bangkala Barat dan pihak sejumlah perwakilan Puskesmas Barana.

Masyarakat nampak sangat antusias dalam kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari adanya partisipasi dari setiap dusun. Pada akhir acara disampaikan pengumumuman pemenang lomba masak yang dijuarai oleh Dusun Pinjongga.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD, yang juga berasal dari Jeneponto, saat dihubungi secara terpisah mengatakan, bahwa daun kelor di masa kecilnya merupakan makanan dan sayuran yang sering disajikan oleh ibunya, tidak ada pengetahuan tentang itu.

Terakhir ditemukan oleh para pakar bahwa ternyata daun kelor mengandung zat besi yang sangat kaya dan sangat baik bagi ibu hamil. [*/464ys]

Topik