JAKARTA – OPPO menegaskan perangkat Reno5 akan segera diperkenalkan di Indonesia. Jika tidak ada halangan, perangkat ini akan menyapa publik Indonesia pada awal Januari 2021 mendatang. Kehadiran Reno5 sudah terkonfirmasi melalui dokumen negara berupa sertifikasi postel dan sertifikat TKDN dari kemenperin dengan kode perangkat CPH 2159. Menariknya ditengah berbagai spekulasi yang muncul mengenai perangkat ini, tampak beberapa bocoran gambar bagaimana bentuk perangkat ini.

Yang terbaru adalah kemunculan gambar resmi perangkat Reno5. Jika diperhatikan secara langsung, perangkat Reno5 memiliki penampilan fisik yang hampir sama dengan suksesornya Reno4. Faktor pembedanya hanyalah jenis kamera depan yang diusung. Jika pada Reno4 mengusung kamera depan berjenis dual punch hole kamera maka pada Reno5 menganut single punch hole. Menariknya kehadiran single punch hole kamera membuat sebuah pertanyaan besar mengenai kehadiran fitur AON Sensor pada perangkat Reno5. Berlanjut kepada ketebalan bezel pada penampang depan perangkat sepertinya jarak dari layar ke tepian bezel sangat identik dengan Reno4, begitupula dengan dimensi perangkat yang diperkirakan tidak jauh berbeda dari Reno4.

Untuk masalah warna, sepertinya OPPO meningkatkan kemampuannya dalam teknik Reno Glow yang sebelumnya diperkenalkan pada Reno4. Tekstur Reno Glow pada perangkat Reno5 terlihat lebih mendetail, apalagi pola potongan acak pada Reno5 terlihat lebih jelas ketika dilihat melalui mikroskop, sehingga kemungkinan perangkat Reno5 dapat menghasilkan refleksi dan gradasi warna yang lebih halus dan lebih menarik.

Konfigurasi desain kamera utama Reno5 memiliki bentuk yang identik dengan pendahulunya. Terdapat 4 Kamera yang terdiri dari 3 kamera dengan diameter lingkaran besar dan 1 kamera dengan diameter lingkaran kecil yang diletakan pada tepi kanan atas bingkai. Sementara pada bagian bawah bingkai kamera terlihat kehadiran satu buah LED flash. Sayangnya, OPPO belum mengkonfirmasi berapa besaran megapixel dari masing – masing kamera tersebut.

Bocoran Spesifikasi OPPO Reno 5

OPPO Indonesia tidak berbicara banyak soal spesifikasi OPPO Reno 5 tapi memastikan bahwa perangkat ini soal software sudah menjalankan sistem operasi terbaru ColorOS 11 yang berbasis Android 11.

“Memang belum banyak yang dapat kami informasikan mengenai perangkat ini, pastinya perangkat ini akan membawa fitur baru yang akan direspons baik konsumen seperti halnya AI Color Portrait pada Reno 4,” kata Aryo. Perlu diketahui bahwa AI Color Portrait adalah salah satu fitur andalan dari OPPO Reno 4.

Fitur ini mendukung fungsi foto dan video, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. AI Color Portrait menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda.

Lebih menarik lagi, AI Color Portrait juga tersedia untuk perekaman video. Selain informasi tersebut, OPPO Indonesia tidak mengungkap spesifikasi OPPO Reno 5 termasuk belum mengonfirmasi bocoran spesifikasi ponsel tersebut. [*]