Pangkep Catat Pertumbuhan Ekonomi Akhir Tahun, Naik 3 Persen

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL)
Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL). (Mediasulsel.com/Udin Syahruddin)

PANGKEP—Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mencatat terjadinya peningkatan ekonomi dalam kurun tahun 2021, setelah tahun sebelumnya sempat turun mencapai minus satu koma.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan, jika dilihat tahun lalu pergerakan ekonomi di Pangkep minus satu koma lebih, tapi ada peningkatan ekonomi di Kabupaten Pangkep. Akhir tahun itu di angka 3 persen.

Menurutnya, pada awal kuartal pertama ini ada peningkatan 1,6. “Jadi mungkin 4 koma kurang ya, jadi ada peningkatan. Walaupun sebenarnya kemarin dengan adanya omicron sempat ada lajunya yang lambat,” ujarnya, Selasa (5/4/2022)

Yusran menjelaskan, saat adanya omicron peningkatan tetap meningkat tapi tidak sekencang kalau di bulan satu. “Bulan satu (Januari) mungkin larinya 100 tapi mungkin bulan kedua mulai melambat dengan adanya Omicron,” jelasnya.

Terkait peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut, menurut MYL dikarenakan rata-rata masyarakat Pangkep pengelola UMKM seperti Bandeng, Sorgum dan beberapa komoditi lainnya seperti Udang, telah pintar mengelola hasil produksinya, cuman harus diakui menurut Yusran kekalahan dari daerah lain dari masalah kemasan saja.

“Ironisnya, biasanya konsumen melihat kemasan yang menarik, menjadi tolok ukur kualitas lebih baik,” jelas MYL.

Berita Lainnya

Adapun di sektor pertambangan ada peningkatan dari tahun lalu 10,5 persen, menjadi 10,70 persen. “Setidaknya ada peningkatan. Tapi yang saya perhatikan sekarang lagi agak lesu-lesu ini khususnya tambang minerba, karena masalah izin,” kata Yusran.

Untuk infrastruktur, Yusran lebih fokus pada jalan yang ada di desa. Sebab, jalan di kota sudah baik. Sementara di kampung-kampung kadang mungkin kurang terjamah, jadi akan dilihat dulu kondisi jalannya.

Lihat Juga:  HUT Ke-60, Ketua DPRD Pangkep Bacakan Sejarah Singkat Hari Jadi Pangkep

“Jika jalanan dibangun dengan baik, maka distribusi pertanian dari desa bisa lebih cepat. Orang-orang yang panen tambak pendistribusian ikan-ikannya bisa lebih cepat, begitu saja yang kita targetkan,” ujar Yusran.

Olehnya itu dalam membangun dan memajukan Pangkep, Yusran tak ingin berjalan sendiri sebagai pemerintah. Tetapi berharap dapat bekerja sama saling bahu membahu dengan masyarakat saling membangun daerah.

“Walaupun saya hanya sampai 2024, tapi dengan jangka waktu 3 tahun lebih saya menjabat akan saya maksimalkan usahanya, termasuk bangun fasilitas, juga lampu jalan poros,” tegas Yusran. (4ld)

Berita terkait