Beranda ยป Internasional ยป Pejabat AS: Misil Korut Sudah Bisa Sampai Amerika
Internasional

Pejabat AS: Misil Korut Sudah Bisa Sampai Amerika

AMERIKA – Penasehat keamanan nasional Gedung Putih mengatakan kemungkinan perang dengan Korea Utara yang miskin tetapi bersenjata nuklir semakin “meningkat setiap hari.”

“Ada cara-cara mengatasi masalah ini tanpa konflik bersenjata,” kata H.R. McMaster hari Sabtu (2/12), “tetapi kita berpacu dengan waktu karena (Kim Jong-un) semakin dekat (dalam menggunakan senjata) dan tidak banyak waktu yang tersisa,” ujarnya tentang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Korea Utara mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya sekarang dapat mencapai daratan Amerika dengan hulu ledak setelah melakukan percobaan penembakan misil balistik antar-benua yang baru.

Laporan media mengatakan Pentagon sedang menjajaki tempat-tempat di pantai barat di mana sistem pertahanan tambahan dapat dipasang, setelah ancaman Korea Utara menyerang daratan Amerika Serikat. Kantor berita Reuters mengatakan pertahanan kemungkinan besar akan mencakup misil anti-balistik Terminal High Altitude Area Defense (THAAD), serupa dengan yang ditempatkan di Korea Selatan.

“Misil balistik antar-benua yang baru dikembangkan, Hwasong-15, telah diuji coba dan berhasil, menurut keputusan politik dan penilaian strategis Partai Pekerja Korea,” menurut penyiar televisi pemerintah KRT Korea Utara.

Setelah peluncuran sebelumnya, Korea Utara mengklaim misilnya dapat mencapai setiap tempat di benua Amerika, tetapi inilah pertama kalinya Korea Utara dapat melakukannya dengan jenis misil baru yang telah ditingkatkan, yang menurut pejabat Korea Utara dan Amerika dapat terbang lebih tinggi daripada misil yang telah diuji coba sebelumnya oleh negara itu. [*/4ld]