Pekerjaan Unik Yang hanya Ada di Indonesia

0
559

Setiap negara memiliki kebudayaan masing-masing yang tentunya akan sangat berbeda dengan negara lain. Seperti halnya Indonesia yang memiliki beragam keunikan sendiri yang tidak akan kamu temui di belahan dunia lain.

Sebut saja beberapa makanan khas yang tergantung pada etnis dan daerah masing-masing, atau beragam profesi yang hanya ada karena tuntutan keadaan sendiri yang berbeda-beda membuat masyarakat menciptakan sebuah lahan pekerjaan yang cukup menjanjikan tapi juga terkesan aneh dan tak biasa.

Wajar aja, soalnya orang Indonesia sangat kreativ dalam memanfaatkan situasi.

Penasarankan dengan kreativitas orang Indonesia? Delapan pekerjaan unik ini pastinya cuma ada di Indonesia berikut videonya

  1. Pak ogah

Pak ogah adalah salah satu contoh profesi unik yang cuma ada di Indonesia namun paling sering kita temui di jalan. Gimana tidak, tiap tikungan atau putar balik, kamu bakal bersapaan dengan pak ogah .

Pak ogah bukan nama orang ya, melainkan sebutan buat orang dengan pluit yang bekerja untuk membantu meloloskan kendaraan kamu dari banyaknya kendaraan yang melintas. Mereka biasanya membantu kendaraan untuk menyeberang atau putar balik arah di jalan raya.

Mereka gak mematok bayaran, tetapi menerima bayaran seikhlasnya dari pengendara. Bayaran pak ogah ini biasanya sekitar Rp 500 sampai dengan Rp 2 ribu, bergantung pada si pengendara mau kasih, atau langsung tancap gas.

2.ambal Ban di Pinggir Jalan

Penambal ban bisa dikategorikan sebagai pahlawan karena mereka membantu di saat-saat yang sangat diperlukan. Apa jadinya jika mereka tidak ada? Anda harus menambal ban kendaraan Anda sendiri tentunya.

Tentu, tidak semua orang memiliki keterampilan sedemikian rupa, juga alat-alat yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut, bukan? Tak heran bila di sepanjang jalan, baik di kota besar atau kota kecil, akan kita temukan lapak-lapak tambal ban di pinggir jalan.

  1. Jasa Tukar Uang Receh

Lucu rasanya ketika Anda membeli uang menggunakan uang. Akan tetapi di Indonesia khususnya, jasa penukaran uang sangat berguna ketika musim lebaran, di mana orang-orang memerlukan pecahan uang dengan kondisi yang baru.

Meski pihak perbankan dan Bank Indonesia sudah menyediakan jasa penukaran uang, tapi ada saja orang atau individu yang melakukan pekerjaan ini, khususnya pada momen-momen tertentu. Anda akan banyak menemukan orang yang menawarkan jasa penukaran uang baru di pusat-pusat keramaian.

  1. Tukang Parkir

Meskipun terkadang keberadaannya seperti sebuah misteri, karena antara dibutuhkan dan tidak, namun pekerjaan menjadi tukang parkir ini cukup dibutuhkan di Indonesia. Terutama bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor tapi enggan untuk menitipkan di tempat parkir resmi karena berbagai sebab, seperti aksesnya yang cukup jauh dari lokasi yang dituju, hingga lantaran biaya parkir resmi jauh lebih mahal.

Mereka terkadang tak terlihat saat memarkirkan kendaraan, namun sewaktu mengambil kendaraan mereka tiba-tiba muncul entah dari mana datangnya.

Dan, Menjadi tukang parkir di sini, ada juga yang hanya sekadar mengatur keluar-masuknya kendaraan dari area atau deretan tempat memarkirkan kendaraan. Sayangnya Mereka tidak bertanggung jawab atas kendaraan yang terparkir.

  1. Kernet angkot
    Dinagara negara lain tentunya kalian tidak akan menemui pekerjaan yang satu ini,

kernek angkot, Tidak hanya bus dan truk saja yang memiliki asisten sopir atau lebih dikenal dengan istilah kernet. Angkutan kota dengan armada kecil pun di Indonesia memiliki kernet untuk membantu sopir dalam mengangkut penumpang. Profesi ini berguna untuk mempromosikan jalur angkot dan menagih uang sewa ke setiap penumpang.
Dengan begitu si sopir hanya berfokus di depan setir tanpa harus mengurusi uang kembalian dan berteriak ketika ada calon penumpang.

Pekerjaan Sekecil Apa pun Pasti Bermanfaat bagi Orang Lain

Mungkin saat ini, Anda merasa tidak percaya diri dengan pekerjaan Anda sekarang. Akan tetapi, dari mereka yang telah disebutkan di atas, tentu Anda harus mampu memahami dan bersyukur atas setiap apa yang kita kerjakan dan kita peroleh hasilnya.

Setiap pekerjaan memiliki pengaruhnya masing-masing. Tidak ada pekerjaan yang tidak berguna. Maka, hargailah setiap pekerjaan yang ada. [*]