Beranda » Takalar » Pemkab Takalar dan Unismuh Makassar Tandatangani MoU di Tengah Panen Raya Jagung
Takalar

Pemkab Takalar dan Unismuh Makassar Tandatangani MoU di Tengah Panen Raya Jagung

TAKALAR – Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, yang diwakili Sekda Takalar, DR. Ir. H. Nirwan N, M.Si, dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, diwakili Rektor, Dr Abdul Rahman Rahim MM, Jumat (17/3/2018), menandatangani memorandum of understanding (MoU), di tengah pelaksanaan panen raya jagung industri.

Jagung Industri yang dipanen di Dusun Ongkoa Desa Laikang Kec. Mangarabombang Kabupaten Takalar ini, menurut sumber mediasulsel.com, juga merupakan kerjasama Pemkab Takalar dengan pihak Unismuh Makassar.

Penandatangan MoU di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengamalan Al-Islam tersebut, turut disaksikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Syeiful Saleh, M.Si, pimpinan Pusat Unismuh dan pimpinan Wilayah Muhammadiyah SulSel.

Sekda Takalar dalam sambutannya berharap Produksi jagung dapat semakin meningkat ke depan sehingga dapat menambah peningkatan perekonomian masyarakat.

“Saya berharap kerjasama ini untuk bisa berlanjut terus untuk pengembangan komunitas jagung di Takalar, dengan panen ini dapat dijadikan momentum untuk pengembangan jagung ke depan dan kepada para petani dapat mendijadikan jagung sebagai pekerjaan utama, karena sangat menjanjikan keuntungannya. Perusda Takalar dan Unismuh akan membeli hasil jagung petani dengan harga yang normal,” jelas H. Nirwan.

Selain itu, H. Nirwan juga berharap Muhammadiyah dapat  membangun pabrik jagung, karena saat ini pemkab Takalar telah memiliki zona industri dengan kapasitas 10 ton, namun karena keterbatasan industri, sehingga belum berjalan dengan maksimal.

“Pemkab Takalar saat ini sudah ada zona industri, namun belum berjalan maksimal karena keterbatasan industri, untuk itu Unismuh dapat membangunan pabrik jagung di sekitar zona industri,” harap H. Nirwan.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Syeiful Saleh, M.Si, pada kesempatan yang sama juga mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dalam rangka mengembangkan tanaman jagung di Takalar, karena menurutnya dengan adanya kerjasama tersebut, akan ada sekian banyak pemasok dan pupuk yang bergulir yang akan mengakibatkan peningkatan pendapatan masyarakat.

“Dengan adanya panen raya jagung kerjasama unismuh dan Pemda Takalar ini, bisa jadi semacam percontohan, saya akan membawakan materi ke mahasiswa bagaimana memanfaatkan lahan-lahan yang kosong untuk peningkatan produktifitas pertanian khususnya di bidang produktifitas agung,” jelas Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut.

Usai panen Raya, dilanjutkan dengan penjualan perdana jagung industri Perusda Panrannuangku ke PT. Surya Pangan Indonesia (SPI) Unismuh Makassar, yang dilepas secara resmi oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Sekda Takalar.

Ketua BPH Unismuh Makassar, Kadis Pertanian serta perwakilan Forkopimda juga nampak turut hadir dalam kegiatan tersebut. (fit/agays)