Peringati HUT ke-73 BPK RI, Iqbal Suhaeb Ziarah Makam M Jusuf

0
41
Pemerintah Kota Makassar dengan ziarah ke makam Ketua BPK RI Periode 1983-1993 Jend. TNI (Purn.) M Jusuf di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Panaikang, Kamis (16/1/2020).

MAKASSAR – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) diperingati Pemerintah Kota Makassar dengan ziarah ke makam Ketua BPK RI Periode 1983-1993 Jend. TNI (Purn.) M Jusuf di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Panaikang, Kamis (16/1/2020).

HUT ke-73 BPK RI bertemakan “BPK Mendengar” yang tahun ini diperingati dengan ziarah ke makam pimpinan BPK RI yang telah berjasa memimpin lembaga ini.

Sebelum dilaksanakan upacara tabur bunga dilakukan pembacaan daftar riwayat hidup dan karier Jend. TNI (Purn.) M Jusuf selama berkarir di militer dan 10 tahun menjabat ketua BPK RI.

Di kesempatan tersebut Iqbal mengapresiasi BPK RI di HUTnya yang ke-73.

“Terima kasih BPK RI yang telah ziarah ke makam bapak M Jusuf. Kami bersyukur sebagai putera Sulawesi Selatan memimpin BPK RI dapat memajukan negeri, memimpin dengan penuh integritas dan dedikasi tinggi sebagai salah seorang kepala BPK RI dengan berbagai riwayat kepemimpinan yang tidak diragukan lagi,” ucap Iqbal.

Sementara itu, Anggota VI Auditor BPK RI Prof Harry Azis mengatakan kepemimpinan M. Jusuf selama dua periode memberi banyak perubahan yang signifikan pada lembaga tersebut.

“Sejak beliau memimpin BPK dua periode 1983 sampai 1993 banyak perubahan yang dilakukan oleh beliau dalam memajukan BPK baik di pusat maupun di daerah. Jasa beliau sangat besar, beliau menjadi panutan bagi kami di BPK,” jelas Harry saat sambutan.

Ziarah ke makam M Jusuf dihadiri beberapa pejabat lingkup BPK RI diantaranya Auditor Keuangan Negara I Dr Heru Kresna Reza, Auditor Keuangan Negara VI Dr Doni Santosa, Kepala Auditorat Pengelolaan Pemeriksaan AKN VI Muh Rizal Assidiq.

Sedangkan dari Perwakilan keluarga nampak Andi Fachri Huduri. Hadir pula di kesempatan tersebut Kepala Inspektorat Makassar Zaenal Ibrahim, dan Sekretaris Litbang Imran Tajuddin.

Pemerintah Kota Makassar dengan ziarah ke makam Ketua BPK RI Periode 1983-1993 Jend. TNI (Purn.) M Jusuf di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Panaikang, Kamis (16/1/2020).

Diketahui Jenderal TNI Andi Muhammad Jusuf Amir atau lebih dikenal dengan nama Jenderal M. Jusuf adalah salah satu tokoh militer Indonesia yang sangat berpengaruh dalam sejarah kemiliteran Indonesia.

Jenderal TNI M. Jusuf saat sebagai Panglima ABRI (wikipedia)

Ia juga merupakan salah satu keturunan bangsawan dari suku Bugis akan tetapi melepaskan gelar kebangsawanannya itu pada tahun 1957 dan tidak pernah menggunakannya lagi.

Dalam posisi pemerintahan ia pernah menjabat sebagai Panglima ABRI merangkap Menteri Pertahanan dan Keamanan pada periode 1978-1983.

Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada periode 1964-1974 dan juga Ketua Badan Pemeriksa Keuangan periode 1983-1993. (*)