MAKASSAR, Pj. Wali Kota Makassar, Dr. HM. Iqbal Suhaeb, meminta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se Kota Makassar untuk senantiasa mengawal, mengevaluasi dan mengawasi jalannya pemerintahan di wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Iqbal saat memberikan sambutan dalam Orientasi LPM sekota Makassar di Hotel Horison Makassar, Selasa (3/3), siang.

“Sebagai mitra pemerintah, tolong LPM senantiasa mengawal, mengevaluasi dan mengawasi jalannya pemerintahan di wilayahnya masing-masing. Jangan Cuma yang baik saja, tapi lakukan juga koreksi dan saling mengingatkan, itu baru disebut mitra,” Pinta Iqbal.

Dalam orientasi yang dilaksanakan selama 3 hari di 3 tepat yang berbeda dan diikuti oleh Ketua, sekretaris dan bendahara 153 LPM kelurahan se kota Makassar ini, menurut kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat, kota Makassar, Muh. Yarman, AP, MH, bertujuan untuk sharing terkait program-program baru pemerintah kota Makassar.

Sebelumnya saat pembukaan, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Takdir Alim Bacri, Wali kota berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman tentang kemampuan pemerintah, agar LPM dapat membuat inovasi dalam mengimplementasikan programnya di tengah masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua Asosiasi LPM Kota Makassar, Andi Pasamangi Wawo, meminta komitmen pemerintah untuk melakukan penguatan terhadap keberadaan LPM, karena menurutnya semakin hari peran LPM semakin terasa tergerus.

“Semakin hari saya merasakan peran LPM ini semakin tergerus, LPM itu sebagai mitra pemerintah, dan tadi dikatakan pemerintah tidak akan mampu berbuat banyak tanpa keterlibatan masyarakat, untuk itu dikesempatan ini, kami minta komitmen pemerintah dalam penguatan LPM khususnya di kota Makassar,” tegas Andi Pasamangi saat menanggapi materi yang disampaikan pihak BPM Provinsi Sulsel.

Hadir sebagai pemateri dalam kesempatan tersebut diantaranya, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Makassar, Khaidir, S.Stp, M.Si, dengan materi Pemanfaatan Data Kependudukan dalam Pelayanan Publik, serta Drs. Muh. Adam, M.Si dari BPM Provinsi Sulsel, dengan materi Peran LPM dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. (464ys)