KMP Bontoharu
KMP Bontoharu sempat mengalami gangguan pelayaran dan terombang-ambing di laut akibat cuaca. KMP Bontoharu berlayar selama kurang lebih 15 jam sejak Jumat pagi, 2 April 2021 sekitar pukul 09.30 Wita, hingga akhirnya tiba pada Sabtu dini hari dengan baik dan semua penumpang selamat.

SELAYAR—Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkoordinasi dengan baik selama masa kritis kemarin, sehingga KMP Bontoharu tiba di Pelabuhan Pamatata Selayar dengan baik, pada Sabtu, 3 April 2021, sekitar pukul 00.20 Wita.

“Alhamdulillah, KMP Bontoharu telah sandar di Pelabuban Pamatata dan semua penumpang aman dan sehat,” ujar Andi Sudirman, Sabtu, 3 April 2021.

Sejak kemarin, ia terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kapolda, Basarnas, Polairud, Dishub Provinsi dan Kabupaten, dan Pemkab Selayar, mengenai kondisi para penumpang di atas kapal.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim (TNI/Polri, Basarnas, Polairud, Dishub Provinsi/Kabupaten, ASDP Selayar, BPBD, Tim Medis, Pemkab Selayar dll) beserta seluruh jajarannya yang telah berkoordinasi dengan baik selama masa kritis kemarin,” ungkapnya.

Andi Sudirman Sulaiman juga merasa bersyukur semua penumpang KMP Bontoharu selamat. Meski sempat mengalami gangguan pelayaran dan terombang-ambing di laut akibat cuaca.

“KMP Bontoharu berlayar selama kurang lebih 15 jam sejak Jumat pagi, 2 April 2021 sekitar pukul 09.30 Wita, hingga akhirnya tiba pada Sabtu dini hari dengan baik dan semua penumpang selamat,” Sebutnya.

Pada kesempatan itu Plt Gubernur Sulsel Menghimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri terlebih dahulu untuk berlayar apabila cuaca ekstrim.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri terlebih dahulu untuk berlayar apabila cuaca ekstrim atau gelombang tinggi,” pesannya.

Hal sama juga di sampaikan Kepala Dinas Perhubungan provinsi sulsel Muhammad Arafah, yang mengaku sangat bersyukur semua penumpang KMP Bontoharu selamat.

“Alhamdulillah semua penumpang maupun crew KMP Bontoharu selamat,” tuturnya.

Ia juga meminta agar Nelayan maupun pengusaha pelayaran untuk senantiasa melihat dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan pelayaran.

“Saya minta untuk senantiasa memperhatikan kondisi cuaca termasuk melihat edaran dari BMKG maupun instansi terkait lain, apa lagi jika ingin berlayar dengan jarak yang jauh,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, telah dikeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di beberapa wilayah kepulauan/perairan di Sulsel. (*)