Plt Gubernur: Vaksinasi bagi warga lapas akan percepat kebut vaksinasi di Sulsel
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai membuka kegiatan Vaksin Halal dan Aman di Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat, 27 Agustus 2021. Yang diikuti Sebanyak 700 warga binaan divaksin.

MAKASSAR—Plt Gubernur Sulawesi
Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan sejauh ini vaksinasi sulsel sudah mencapai 26 persen dari total target 7 juta sasaran.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Sulsel saat membuka kegiatan  Vaksin Halal dan Aman di Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat, 27 Agustus 2021. Yang diikuti Sebanyak 700 warga binaan divaksin.

kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham, Kepala KKP Kelas 1 Makassar Muhammad Haskar Hasan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar Hernowo Sugiastanto dan Direktur Polteknes Makassar.

Plt Gubernur sulsel mengaku kegiatan Vaksinasi bagi warga lapas akan mempercepat kebut vaksinasi di Sulsel.

“Ini bagian dari tahapan vaksinasi kepada warga lapas. Bersama Ibu Aliyah dari DPR RI tentu melakukan arrangement (mengatur) bersama Kalapas dan kita di Provinsi Sulsel serta Poltekes. Tentu dengan begini akan mempercepat kebut vaksinasi di Sulsel,” ungkapnya.

Ia juga memberikan motivasi kepada warga lapas agar dapat bangkit dan menjadi masyarakat yang lebih baik.

“Ada istilah, lebih baik mantan preman dibanding mantan ustadz. Semua orang punya masa lalu, tetapi yang terbaik dari yang terbaik adalah kemudian hijrah dan kemudian membuat lembaran terbaru yang terbaik hari ini dan ke depan,” pungkasnya.

Vaksinasi bagi warga lapas akan percepat kebut vaksinasi di Sulsel
Kegiatan Vaksin Halal dan Aman di Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat, 27 Agustus 2021. Yang diikuti Sebanyak 700 warga binaan divaksin.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengatakan, capaian vaksinasi warga binaan di Sulsel sudah di atas 50 persen.

“Alhamdulillah dari 10.500 sekian warga binaan, hari ini sudah hampir 6 ribu yang divaksin, Jadi sudah hampir 60 persen,” kata Harun.

Lanjutnya, dari hampir 6 ribu warga binaan di Sulsel yang sudah divaksin, ada enam Rutan yang capaian vaksinasinya di atas 90 persen. Kebut program vaksinasi warga binaan merupakan salah satu ikhtiar Kemenkumham, dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 di rumah tanahan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Harun mengatakan, program vaksinasi warga binaan terus dikebut di rutan dan lapas di Sulsel. Misalnya, hari ini dilakukan vaksinasi warga binaan di Lapas Makassar, Lapas Takalar, dan Lapas Bulukumba. Sehari sebelumnya sudah digelar di Lapas Palopo dan Lapas Watampone.

Sementara itu, Aliyah Mustika Ilham menyatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkomitmen memberikan hak bagi warga binaan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang sama. Selama dua hari sebanyak 1.500 warga lapas divaksin.

“Ini merupakan kerjasama yang baik dan kolaborasi yang baik antara KKP dengan Poltekes, Pemprov Sulsel bagaimana kita mendorong warga di Provinsi Sulsel ini hidup sehat. Semua adalah sehat wargaku, sehat bangsaku dan sehat negeriku untuk Provinsi Sulsel,” jelasnya. (*)