Plt Lurah Biring Romang Kembali Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaran Batua

Plt Lurah Biring Romang Kembali Serahkan Bantuan kepada Korban Kebakaran Batua
Penyerahkan bantuan kepada korban musibah kebakaran yang menimpa warga Jl. Toa Daeng IV, RT.02/ RW. 04, kelurahan Batua, Manggala, Makassar.

MAKASSAR – Plt. Lurah Biring Romang, kecamatan Manggala, Sofiawati, SE, kembali menyerahkan bantuan kepada korban musibah kebakaran yang menimpa warga Jl. Toa Daeng IV, RT.02/ RW. 04, kelurahan Batua, Manggala, di Posko Korban Kebakaran, Masjid Jami Islahuddin, Jl. Abdullah Dg Sirua, Selasa (3/9).

Kedatangan Sofi, panggilan akrab sofiawati, didampingi ketua komunitas Birma Peduli, yang juga ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi, beserta sejumlah pengurus dan anggota komunitas Birma Peduli lainnya dengan membawa sumbangan berupa beras, mie instan, telor, minyak goring dan sejumlah pakian bekas layak pakai.

Sumbangan yang merupakan hasil penggalangan komunitas Birma peduli dari warga kelurahan Biring Romang ini, diterima langsung oleh ketua ORT. 02. ORW. 04, Idrus HS dan ketua ORW 04, kelurahan Batua, Kurnia.

Saat menerima bantuan, Kurnia menyampaikan apresiasi yang besar atas kepedulian komunitas Birma Peduli dan warga kelurahan Biring Romang atas kepeduliannya yang dalam 2 hari pasca kejadian, sudah 2 kali hadir menyerahkan batuan untuk warganya yang terkena musibah.

“Saya sangat salut dan terharu serta berterima kasih kepada warga Biring Romang, khususnya teman-teman Birma Peduli, yang benar-benar sangat peduli dengan musibah yang menimpa warga kami, sehingga hingga saat ini 2 hari usai kejadian, Bu Lurah sudah 2 kali datang kesini membawakan bantuan dari warga Biring Romang,” ucap Kurnia saat menerima bantuan.

Sofi mengaku, tidak menduga, bahwa demikian cepat pergerakan warga Biring Romang, sehingga dalam waktu yang cukup singkat dapat terkumpul bantuan yang cukup layak untuk diberikan kepada korban musibah kebakaran di Batua tersebut.

Berita Lainnya

“Usai mendengar berita ada musibah kebakaran, saya langsung menghubungi ketua PKK kelurahan Biring Romang untuk mengajak menggalang bantuan ke warga, ternyata beliau sampaikan, bahwa di Biring Romang ada kelompok yang namanya Birma Peduli yang siap dana untuk digunakan itu, makanya bantuan pertama kemarin dapat dengan cepat dikirim ke posko ini,” tegas Sofi.

Lebih lanjut Sofi menjelaskan, bahwa baru bantuan kedua yang diserahkan pada hari inilah yang dihimpun dari warga yang secara suka rela datang menyerahkan bantuan ke posko Birma Peduli, untuk selanjutnya diserahkan kepada korban musibah kebakaran.

Sementara itu Ketua Komunitas Birma Peduli, Ambang Ardi Ys, mengatakan, bahwa Birma Peduli awalnya didirikan untuk siaga bencana saat musim hujan tiba. Tapi ketika musibah Palu, lebih dahulu menangani sejumlah pengungsi gempa Palu yang ada di kelurahan Biring Romang, yang kemudian berlanjut hingga membantu korban banjir yang terjadi di kecamatan Manggala beberapa bulan lalu, dan disepakati untuk terus berjalan hingga saat ini.

“Birma Peduli ini didirikan oleh LPM Biring Romang, awalnya sebagai kelompok siaga bencana di kelurahan Biring Romang, saat akan menghadapi musim penghujan. Namun terlebih dahulu kita tangani pengungsi Gempa Palu yang ada di wilayah kelurahan Biring Romang, kemudian berlanjut dengan membantu korban banjir Manggala dan Tamangapa beberapa bulan lalu, dan kemudian disepakati untuk terus eksis hingga saat ini,” pungkas Ambang.

Meski demikian Ambang berharap ke depan tidak ada lagi warga yang harus dibantu oleh komunitas Birma Peduli ini, hal itu bukan berarti Birma Peduli berhenti peduli. Dia berharap tidak ada lagi musibah atau bencana yang terjadi menimpa warga di kecamatan Manggala. (4ld)

Berita Terkait