MAKASSAR, Plt. Lurah Biring Romang, Idawati SM, bersama ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, melepas keberangkatan Relawan Muda Birma Peduli yang diwakili Komunitas Remaja ORW. 05, komplek Unhas Biring Romang, menuju lokasi bencana banjir di kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, Sabtu (20/6) malam.

Rombongan yang dipimpin koordinator, Dwiki Reski Mulyadi tersebut beranggotakan 19 orang, yang rencananya akan menuju kelurahan Tapanjeng, kecamatan Bantaeng, kebupaten Bantaeng yang berdasarkan survey yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya dianggap masih sangat membutuhkan bantuan.

Menurut Yoko, panggilan akrab Dwiki Reski Mulyadi, selama 2 hari di lokasi kegiatan, selain menyerahkan bantuan sembako, tim yang juga beranggotakan beberapa tenaga psikologi muda itu, rencananya juga akan melaksanakan terapi psikologis, atau trauma healing.

“Selain membagikan sembako yang sudah kami himpun dari para donatur, tim yang di dalamnya juga ada beberapa teman-teman sarjana Psikologi akan melaksanakan trauma healing kepada korban bencana yang ada di lokasi tujuan,” terang Yoko dalam laporannya.


Lebih lanjut Yoko menjelaskan dipilihnya Kelurahan Tapajeng sebagai titik aksi tersebut bukan tanpa dasar, karena sebelum keberangkatan dengan sejumlah sumbangan hari ini, tim sebelumnya telah melakukan survey lokasi beberapa hari lalu.

“Sebelum kami putuskan apa-apa yang akan kami lakukan, beberapa hari sebelumnya kami telah melakukan survey ke lokasi, baik di kabupaten Jeneponto dan Bantaeng. Berdasarkan survey tersebut kami putuskan memilih kelurahan Tapanjeng sebagai titik sasaran, yang kemudian kami laporkan ke kelurahan dan ketua LPM melalui ketua RW,” terang Yoko.

Ketua LPM Kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo, saat memberikan sambutan pelepasan mengungkapkan apresiasinya atas inisiatif yang telah diwujudkan para relawan muda terhadap aksi sosial terhadap korban banjir Jeneponto dan Bantaeng.

“Kami para orang tua di Birma Peduli, tentu saja sangat bangga dengan inisiatif yang telah kalian tunujukan dengan aksi sosial terhadap sesama ini, tugas kami selaku orang tua tentu akan memberikan support secara penuh, baik secara moril maupun materiil,” tegas Ambang.

Selain itu pada kesempatan itu, Ambang juga meminta agar seluruh anggota tim senantiasa menjaga kekompakan di lapangan, menjaga tingkah laku, serta mewujudkan diri benar-benar sebagai relawan yang tangguh dan siap menghadapi segala situasi.

Sementara itu Plt. Lurah Biring Romang Idawati SM. saat dimintai tanggapannya usai kegiatan menyatakan, sangat mendukung langkah positip yang dilakukan remaja ORW.05 Komplek Unhas selaku unsur Relawan Muda Birma Peduli, yang mau dengan ikhlas dan tanpa motif apapun bergerak dalam aksi sosial membantu korban bencana banjir Jeneponto Bantaeng.

“Selaku pemerintah kelurahan, maupun sebagai warga Biring Roamang, saya tidak bisa menyembunyikan rasa bangga dan haru atas semangat yang mereka miliki untuk mau berbuat secara ikhlas melakukan aksi sosial membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir di Jeneponto dan Bantaeng,” pungkas Idawati. (L1nt)