Beranda » Makassar » Rakor RT/RW, Plt. Lurah Biring Romang Sarankan Setiap RT Tanam 1 Pohon
Rakor RT/RW, Plt. Lurah Biring Romang Sarankan Setiap RT Tanam 1 Pohon
Makassar

Rakor RT/RW, Plt. Lurah Biring Romang Sarankan Setiap RT Tanam 1 Pohon

MAKASSAR, Plt. Lurah Biring Romang Sofiawati, SE, mengajak 44 ketua RT dan 7 Ketua RW se Kelurahan Biring Romang untuk melakukan penanaman 1 pohon di wilayahnya masing-masing sebagai upaya menciptakan situasi rindang di sejumlah titik, sekaligus sebagai upaya peremajaan pohon-pohon yang dinilai sudah mulai tua.

Hal itu disampaikan Sofiawati saat membuka pelaksanaan Rapat Koordinasi RT/RW se kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, yang dihelat di aula kantor kelurahan Biring Romang, Sabtu (14/4).

“Mari kita bersama-sama menghijaukan kawasan kita masing-masing dengan cara menanm pohon 1 RT dan 1 RW masing-masing satu pohon, kebetulan untuk bibit kita akan dibantu oleh pak Yusuf, ketua RT. 4/ RW. 1,” tegas Sofi yang juga merupakan kepala Seksi Pemerintahan dan kinerja RT/RW kecamatan Manggala ini.

Selain itu, Sofi juga mengajak seluruh ketua RT dan ketua RW untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan sejumlah program pemerintah kota Makassar yang saat ini telah berjalan di kelurahan Biring Romang antara lain Jum’at ibadah, Sabtu Bersih dan Ahad Sehat.

“Say berharap para ketua RT dan RW juga bisa terlibat langsung pada semua program pemerintah kota Makassar yang saat ini sudah berjalan di kelurahan Biring Romang, yaitu Jum’at Ibadah yang diwujudkan dengan bersih-bersih masjid, Sabtu Bersih melalui kerja bakti bersama di sejumlah titik yang ke depan akan kita gilir secara bergantian di seluruh RW dan Ahad sehat yang kita lakukan dengan senam pagi bersama di lapangan Sepak Bola komplek Unhas,” lanjutnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo meminta, seluruh ketua RW untuk dapat membantu dengan masing-masing menyiapkan 4 orang warganya yang berusai antara 18 hingga 35 tahun untuk diikutkan dalam Pelatihan Daur Ulang Plastik (DUPA) yang rencananya akan dilaksanakan pad 21 hingga 23 September yang akan datang.

“Pada kesempatan ini perlu saya sampaikan, bahwa tanggal 21 hingga 23 September 2019 yang akan datang, kita akan melaksanakan pelatihan Daur Ulang Plastik, dan kita akan hadirkan seorang instruktur tingkat nasional yang kita datangkan langsung dari Malang Jawa Timur, olehnya itu mohon semua ketua RW untuk bisa mengikutkan 4 orang warganya sebagai peserta kegiatan tersebut,” ungkap Ambang.

Dalam pelatihan tersebut lanjut Ambang, selain diberikan bekal tentang bagaimana membuat sejumlah hiasan dari plasti bekas oleh Muh. Taufiq Hot Bottles, juga akan diberikan materi tentang karakter dan kepribadian oleh Dosen Istitut Seni Budaya Indonesia Sulsel, Erwin Sirajuddin, serta materi Managemen Pemasaran yang akan dia sampaikan sendiri.

“Rencananya pelatihan akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut dan pada hari ketiga akan dilaksanakan pameran hasil karya peserta pelatihan yang dirangkaikan dengan launching Birma Rumah Kreatif, yang seluruh pembiayaannya akan diperoleh dengan cara swadaya serta sumbangan dari sejumlah pihak,” pungkas Ambang (*/t4ng)