Beranda » Makassar » Tower BTS Tanpa izin di Camba Berua Akhirnya Diturunkan
Makassar

Tower BTS Tanpa izin di Camba Berua Akhirnya Diturunkan

MAKASSAR – Tower Base Transceiver Station (BTS) yang berdiri di atas rumah H. Hamid, warga Jl. Sabutung Baru Raya No. 9, RT. 01/ RW. 02, kelurahan Camba Barua, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, yang selama ini diduga belum mengantongi izin pembangunan dari pemerintah Kota Makassar, akhirnya Sabtu (4/8) diturunkan.

Berdasarkan info yang dihimpun media sulsel dari warga setempat, penurunan tower yang selama ini mendapat protes dari beberapa warga tersebut, dilakukan sendiri oleh pemilik tower, setelah memperoleh teguran kedua dari Dinas Penataan Ruang Pemerintah Kota Makassar.

Untuk diketahui, kisruh keberadaan tower tersebut sebagaimana telah diberitakan mediasulsel.com sebelumnya, bermula dengan berakhirnya kontrak atas tower dimaksud untuk 5 tahun bertama pada oktober 2017 lalu, namun keinginan perpanjangannya ditolak oleh Nenek Mani (80) yang merupakan tetangga atas lahan tempat berdirinya tower tersebut.

Ironisnya, meski belum mengantongi izin tetangga, namun pemilik tower malah menambahkan satu bangunan tower baru di samping tower yang telah berdiri sebelumnya, sehingga Dinas Tata Ruang pemerintah kota Makassar, sebagaimana diatur dalam SOP penertiban bangunan, telah memberikan teguran secara bertahap, hingga akhirnya meminta pihak provider dan pengembang agar menurunkan tower dimaksud secara sukarela sambil mengurus izin-izin yang berlaku terlebih dahulu baru kemudian membangunnya kembali. (70n/464ys)