Beranda ยป Sulsel ยป 4 Produk Andalan Sulsel Jadi Fokus Pembangunan Klaster Inovasi
Sulsel

4 Produk Andalan Sulsel Jadi Fokus Pembangunan Klaster Inovasi

MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar Rapat kerja penguatan klaster inovasi Sulawesi Selatan di Hotel Grand Sayang Park, Jalan Manunggal 22, Kamis (14/3).

Adapun empat produk unggulan daerah yang sedang dikembangkan untuk diajukan dalam pengembangan inovasi yaitu kopi, rumput laut, gula aren dan garam.

Kepala Balitbangda Sulsel, Iqbal Suhaeb menyebutkan pengembangan inovasi produk unggulan daerah ini melibatkan pemerintah baik daerah dan pusat, dunia usaha, akademisi dan masyarakat.

“Kenapa harus dikembangkan kluster inovasi? Karena harus jelas industri baik industri inti dan penunjang. Didalamnya harus ada lembaga riset yang akan menggodok inovasi, termasuk enterpreneurship dan asosiasi profesi yang terlibat di dalamnya,” katanya.

Persaingan global dan perubahan globalisasi yang sangat signifikan membuat Pemprov Sulsel dipaksa untuk berpikir strategis dalam mensinkronkan dan menyelaraskan kemajuan antar sektor ekonomi dan antar wilayah demi wujudnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif, sekaligus menjadi pertahanan yang kokoh bagi kedaulatan dan ketahanan ekonomi nasional.

Peningkatan peran pemerintah daerah, hubungannya dengan daya saing daerah didalam peningkatan ekonomi berbasis inovasi terutama terkait dengan Revolusi Industri 4.0.

“Dapat dilakukan melalui pendekatan research and development yang menitikberatkan pada kolaborasi antar sektor,” ujarnya.

Iqbal menyebutkan salah satu contoh keterlibatan Pemprov Sulsel adalah membuat regulasi atau aturan terkait peningkatan produk unggulan daerah.

“Misalnya aturan terkait industri pengguna. Selain itu harus dipikirkan peran lembaga pembiayaan, karena tidak selamanya pemerintah bisa membiayai,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta meliputi unsur Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,
Balitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan, Balitbangda/Bappeda Kabupaten/Kota, OPD teknis terkait, Pelaksanaan Klaster Inovasi Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Tim Ahli/Pengusul Kegiatan Klaster Inovasi.(*)