🏥 Klinik Utama Aktiv Energi Physio kini hadir di Makassar • Konsultasi Dokter Umum & Spesialis Saraf • Fisioterapi • Okupasi Terapi • Terapi Wicara • Private Gym • 📍 Jl. AP Pettarani No. 18F Makassar • 🕘 Senin–Sabtu, 09.00–16.00 WITA • ☎️ Reservasi: 0821-8927-9692.🇮🇩 DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-81 🇮🇩 Segenap keluarga besar Mediasulsel.com mengucapkan Selamat Memperingati 81 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2026. 🇮🇩 Mari menjaga persatuan, menumbuhkan semangat kebangsaan, dan bersama mewujudkan Indonesia Berdaulat, Adil, dan Makmur. Merdeka! 🇮🇩🎓 Universitas Dipa Makassar Menerima Mahasiswa Baru 2026/2027 • Program Studi Terakreditasi Unggul dan Baik Sekali • Tersedia Kelas Reguler dan Kelas Pekerja • Potongan Uang Pangkal 50% Hingga 30 Juni 2026 • Kuliah Perdana 14 September 2026 • 🌐 Daftar Sekarang di admisi.undipa.ac.id • ☎️ Info: 0812-2822-1994 / 0821-9061-6844 • 🏛️ Universitas Dipa Makassar, Kampus Digital untuk Masa Depan •Ribuan Pelajar Meriahkan Gerak Jalan Indah HUT ke-81 RI di JenepontoBunda PAUD Sidrap Hadiri Dua Karnaval HUT RI ke-81, Angkat Budaya Lokal dan Kreativitas AnakNajmuddin Pimpin IMI Sulsel 2026–2030, Pembinaan Pembalap Muda Jadi PrioritasFKPM Biring Romang Peduli Korban Kebakaran di BorongGerak Jalan OPD Pangkep Meriahkan HUT RI ke-81, Yusran Lalogau Puji Semangat ASNMahasiswa KKN-T Unhas Tuntaskan 8 Program Inovasi di Lautang Benteng Sidrap🏥 Klinik Utama Aktiv Energi Physio kini hadir di Makassar • Konsultasi Dokter Umum & Spesialis Saraf • Fisioterapi • Okupasi Terapi • Terapi Wicara • Private Gym • 📍 Jl. AP Pettarani No. 18F Makassar • 🕘 Senin–Sabtu, 09.00–16.00 WITA • ☎️ Reservasi: 0821-8927-9692.🇮🇩 DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-81 🇮🇩 Segenap keluarga besar Mediasulsel.com mengucapkan Selamat Memperingati 81 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2026. 🇮🇩 Mari menjaga persatuan, menumbuhkan semangat kebangsaan, dan bersama mewujudkan Indonesia Berdaulat, Adil, dan Makmur. Merdeka! 🇮🇩🎓 Universitas Dipa Makassar Menerima Mahasiswa Baru 2026/2027 • Program Studi Terakreditasi Unggul dan Baik Sekali • Tersedia Kelas Reguler dan Kelas Pekerja • Potongan Uang Pangkal 50% Hingga 30 Juni 2026 • Kuliah Perdana 14 September 2026 • 🌐 Daftar Sekarang di admisi.undipa.ac.id • ☎️ Info: 0812-2822-1994 / 0821-9061-6844 • 🏛️ Universitas Dipa Makassar, Kampus Digital untuk Masa Depan •Ribuan Pelajar Meriahkan Gerak Jalan Indah HUT ke-81 RI di JenepontoBunda PAUD Sidrap Hadiri Dua Karnaval HUT RI ke-81, Angkat Budaya Lokal dan Kreativitas AnakNajmuddin Pimpin IMI Sulsel 2026–2030, Pembinaan Pembalap Muda Jadi PrioritasFKPM Biring Romang Peduli Korban Kebakaran di BorongGerak Jalan OPD Pangkep Meriahkan HUT RI ke-81, Yusran Lalogau Puji Semangat ASNMahasiswa KKN-T Unhas Tuntaskan 8 Program Inovasi di Lautang Benteng Sidrap
Makassar

Kadinkes Makassar Ingatkan Konsumsi Permen Karet Berlebihan Berisiko Meningkatkan Gigi Berlubang

639
×

Kadinkes Makassar Ingatkan Konsumsi Permen Karet Berlebihan Berisiko Meningkatkan Gigi Berlubang

Sebarkan artikel ini
Kadinkes Makassar Ingatkan Konsumsi Permen Karet Berlebihan Berisiko Meningkatkan Gigi Berlubang
ILUSTRASI

MAKASSAR—Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengingatkan bahaya mengonsumsi permen karet bagi anak-anak.

Ida-sapan akrabnya menjelaskan, permen karet jika dikonsumsi terus meneruskan akan menyebabkan kerusakan pada gigi ajak.

Apalagi, permen karet sering mengandung gula dan asam yang dapat merusak gigi anak-anak.

“Bakteri dalam mulut mengubah gula menjadi asam, yang dapat menyebabkan pembusukan gigi. Konsumsi permen karet yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gigi berlubang,” ungkap Nursaidah Sirajuddin, Senin (1/7/2024).

Konsumsi permen karet juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Dimana sejumlah permen karet mengandung pemanis sorbitol atau xylitol.

Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, pemanis ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau masalah perut.

Permen karet juga berisiko tersedak. Selanjutnya berpotensi menyebabkan alergi.

“Beberapa permen karet mengandung pewarna dan bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa anak,” tegasnya.

Penambahan kalori dan gula, konsumsi permen karet berlebihan dapat berkontribusi pada asupan kalori dan gula yang tinggi, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih dan risiko diabetes tipe 2 pada anak-anak.(*/4dv)

Polling Mediasulsel

Menurut Anda, masalah yang paling perlu diprioritaskan pemerintah saat ini adalah...

Konten dilindungi © Mediasulsel.com