MAKASSAR, Sekretaris Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala kota Makassar, Idawati, SE dengan didampingi Kepala Seksi Pemerintahan, Andi Muh. Yahya, SE, Kasi Kebersihan, Sapri, SIP, Kasi Ekbang, Hj. Farida Ponolulu, Bsc. beserta beberapa staf lainnya, Rabu (18/3) melakukan kunjungan ke sejumlah masjid di wilayah kelurahannya.

Menurut Idawati, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti instruksi camat Manggala serta arahan Plt. Lurah Biring Romang, berdasarkan rapat koordinasi dengan Walikota Makassar, sebagai upaya meminimalisir penyebaran Coronavirus disease 2019 (COVID-19, di sejumlah masjid di kelurahan Biring Romang.

“Ini dalam rangka menindaklanjuti instruksi Bapak Camat Manggala dan Hasil Rapat Koordinasi dengan Walikota Makassar serta arahan ibu Lurah untuk sedapat mungkin masjid-maskid tidak menggunakan karpet sebagai alas Sholat, untuk sementara waktu pelaksanaan Sholat di dalam Masjid dilakukan diatas lantai yang senantiasa dibersihkan dengan cairan karbol atau cairan pembersih lantai guna mencegah penyebaran virus Covid 19 dan sebaiknya menggunakan sajadah dari rumah masing masing yang sudah bersih,” terang Idawati.

Lebih lanjut Ida mengatakan, bahwa sebelumnya lurah Biring Romang sudah terlebih dahulu menghimbau para ketua RT dan RW serta ketua pengurus masjid yang ada di wilayahnya untuk sementara menyimpan karpet masjidnya masing-masing, dan kegiatan hari ini sekaligus untuk melihat hasil dari himbauan tersebut.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan dan pembinasn RT/RW kelurahan Biring Romang, Andi Muh. Yahya, SE meminta kepada warga untuk tidak panik dalam menanggapi kejadian endemik Corona yang sementara berlangsung di sejumlah negara termasuk Indonesia ini, cukup dengan menjalankan pola hidup sehat saja.

“Saya fikir kita tidak perlu panik dalam menghadapi endemik Corona ini, yang terpenting mari kita bersama-sama mengikuti himbauan pemerintah untuk senantiasa hidup sehat, Sera menahan diri dulu untuk tidak berguna ataupun kumpul-kumpul terlebih dahulu,” tegas Yahya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Seksi Kebersihan kelurahan Biting Romang, Sapri SIP, agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan mulai dari dalam rumah hingga lingkungan sekitar rumah, serta senantiasa mencuci tangan dengan sabun setelah dari luar rumah.

“Ini menjadi cambuk bagi kita semua untuk kembali senantiasa menjaga kebersihan baik di dalam rumah, maupun sekitar rumah, karena bagaimanapun kebersihan rumah dan lingkungan sekitar kita, adalah salah satu tanggung jawab kita dalam terwujudnya situasi lingkungan yang bersih serta jauh dari segala macam bibit penyakit,” tegas Sapri.

Dari data yang dihimpun Media Sulsel, di wilayah kelurahan Biring Romang terdapat 10 masjid yang tersebar di 7 ORW, 2 diantaranya yaitu masjid Baiturrahman di ORW. 01 dan masjid Wakaf H. Masting di ORW. 03, dilaporkan sudah dibersihkan dan tidak lagi menggunakan karpet, sehingga hari ini tim hanya berkunjung ke masjid An Nur, ORW. 02 dan Masjid Nurul Hidayah, IRW. 04, yang semuanya juga tidak lagi menggunakan karpet masjid.

Dihubungi terpisah, Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE, MM, mengaku mengapresiasi gerak cepat dan keseriusan seluruh pengurus masjid di Wilayahnya yang sudah dengan cepat bersedia bekerja sama dengan menjalankan himbauan pemerintah kota Makassar, untuk sementara waktu tidak lagi memakai karpet dalam masjid untuk sholat.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada seluruh pengurus masjid, para ketua RT/RW serta tokoh masyarakat lainnya yang dengan sigap bergerak cepat, menjalankan himbauan pemerintah kota Makassar, sebagai upaya menekan kemungkinan menyebarnya virus Corona,” pungkas Sofi. (464ys)