Beranda » News » Arus Balik Lebaran, Jalur Darurat Tol Brebes-Batang Dibuka Kamis Besok
News

Arus Balik Lebaran, Jalur Darurat Tol Brebes-Batang Dibuka Kamis Besok

BREBES – Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa akan kembali turun ke lapangan guna memastikan kesiapan pengamanan dan kenyamanan jalur darurat untuk digunakan arus balik 2017.

Jalur darurat Tol Brebes-Batang sendiri siap dibuka untuk arus balik mulai esok hari Kamis, 29 Juni 2017. Hal tersebut dilakukan mengingat volume pengendara arus balik mulai bergeliat pada hari ini H+2 Lebaran.

Selain itu, personel Kepolisian dan tim terpadu akan disebar dan bersiaga di sepanjang jalur darurat untuk menjaga keamanan pemudik, terutama pada malam hari.

Dibukanya kembali jalur darurat usai ditutup sementara sejak beberapa hari lalu untuk perbaikan guna membantu penguraian kepadatan kendaraan dan memperlancar arus lalu lintas.

“Besok jalur tol fungsional (darurat) akan dibuka, namun untuk jam berapa sampai saat ini belum tahu saya,” kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Benyamin di kantor Korlantas, Cawang, Jakarta, Rabu (28-06-2017).

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengingatkan kembali pada para pemudik balik saat melintasi jalan darurat diharapkan tidak melebihi kecepatan laju kendaraan dari 40 km.

“Polisi akan kawal pemudik, supaya jangan melebihi 40 km kecepatannya,” imbau Kakorlantas.

Saat ini, Kakorlantas menyebutkan jalur darurat telah dilengkapi rest area. Dengan begitu, jalur diyakini aman walaupun dilalui malam hari. Tempat beristirahat tersedia di setiap 10 kilometer tepatnya setiap di perlintasan kabupaten.

Pemerintah menyiapkan sejumlah jalur tol di Trans Jawa bagi pemudik. Di antaranya, Brebes Timur-Pemalang, Pemalang-Batang, Solo-Ngawi, Semarang-Solo, dan Mojokerto-Surabaya.

Guna menghindari penumpukan kendaraan, pemerintah maupun kepolisian menyarankan pemudik pulang sebelum 29 Juni. Hal itu mengingat, berbarengan dengan arus balik, pemerintah membolehkan truk besar masuk jalan tol mulai besok.

Puncak arus balik di seluruh ruas tol mengarah Jakarta diprediksi akan terjadi pada Minggu, 2 Juli 2017. Untuk itu Jalur tol darurat pun akan dibuka selama 24 jam buat memperlancar arus kendaraan. (*/4ld)