Beranda » Internasional » Astronot Pertama Melayang Bebas Tanpa Penambat, Meninggal
Internasional

Astronot Pertama Melayang Bebas Tanpa Penambat, Meninggal

HOUSTON — Bruce McCandless, meninggal pada usia 80 tahun, Kamis (21/12), dikenal sebagai astronot Amerika dan manusia pertama yang melayang di antariksa tanpa tali penambat.

Foto McCandless yang terkenal pada 1984 memperlihatkan dia menggunakan perlengkapan antariksawan, melayang di tengah kegelapan luar angkasa di atas Bumi yang berwarna biru. Dia melayang lebih dari 300 kaki dari pesawat ulang-alik.

Dilansir Guardian, Sabtu, 23 Desember 2017, McCandless dikabarkan meninggal pada Kamis, 21 Desember di California. Tidak ada penyakit serius yang menyebabkan kematian McCandless.

Aksi nekat McCandless terbang di angkasa tanpa alat bantu itupun menjadi inspirasi astronot lainnya. Robert Stewart, menjadi astronot kedua yang terbang bebas di angkasa.

Official Space Shuttle portrait showing Astronaut Bruce McCandless II, attired in the Shuttle Extravehicular Activity (EVA) Suit with Manned Maneuvering Unit (MMU) attached and American flag in background.
Credits: NASA

Dalam sebuah wawancara di tahun 2006, McCandless mengatakan bahwa dia tidak merasa gugup sama sekali, ketika terbang di angkasa.

“Saya terlalu letih, saya hanya ingin keluar dan terbang. Saya merasa sangat nyaman. Rasanya sangat dingin sehingga gigi saya bergetar dan saya menggigil, tapi itu adalah hal sepele,” katanya kepada Daily Camera di Boulder, Colorado.

Badan Antariksa Amerika mengumumkan kematian McCandless, Jumat (22/12), sehari setelah ia meninggal di California. Penyebab kematian tidak disebutkan.

McCandless meninggalkan istri, dua anak dan dua cucu. [voa/4ld]