Bapenda Sulsel Kembali Gelar Donor Darah

Andi Winarno Eka Putra, Sekretaris Bapenda Sulsel.

MAKASSAR – Pandemi Covid-19 bukan penghalang Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel untuk kembali melakukan aksi sosial dengan menggelar donor darah.

Aksi donor darah digelar pada 12 Juli 2020 di Aula Bapenda Sulsel Jl. Andi Pangerang Petta Rani nomor 1 Makassar.

Donor darah ini digelar bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Sekretaris Bapenda Sulsel Andi Winarno Eka Putra, mengatakan, donor darah ini rutin dibuat Bapenda Sulsel untuk membantu Dinas Kesehatan Sulsel menyediakan darah bagi warga yang membutuhkan.

“Saat Pandemi covid-19 seperti ini banyak warga yang enggan mendonorkan darahnya sehingga stok darah berkurang, sementara dinas kesehatan setiap hari membutuhkan darah,” katanya.

Ia berharap donor darah yang dilakukan Bapenda Sulsel bisa membantu Dinkes Sulsel dalam menyediakan stok darah.

Berita Lainnya

Karenanya ia mengajak pada pegawai dan keluarga pegawai Bapenda Sulsel untuk datang pada donor darah yang digelar Senin 12 Juli 2020 di Aula Bapenda Sulsel.

Bukan hanya pegawai, ASN yang berkantor di sekitar bapenda dan wajib pajak yang datang ke samsat juga akan diajak untuk mendonorkan darahnya.

Bapenda Sulsel terakhir menggelar donor darah pada Kamis 19 Desember 2019. Ketika itu berhasil dikumpulkan 54 kantong darah yang berasal dari pegawai Bapenda Sulsel, anggota kepolisian yang bertugas di Samsat Pembantu Pettarani, serta wajib pajak.

Donor darah digelar mulai pukul 09.00-13.00. Donor darah sengaja hanya dibatasi selama empat jam karena darah yang telah terkumpul harus segera diolah agar tidak rusak.

“Darah ini harus diolah secepatnya, karena khawatir darah dari pendonor akan rusak. Karenanya kami hanya membatasi waktu donor selama empat jam saja,” ujar Azwan, salah satu dokter di UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulsel. (*)

Berita Terkait