Bendungan Karalloe, Aliri 7.000 hektar Lahan Pertanian
Bendungan Karalloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Bendungan Karalloe di kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).

Joko Widodo mengaku pembangunan bendungan Karalloe yang berada di kabupaten gowa menghabiskan anggaran sebesar Rp1,27 triliun.

“Bendungan ini habiskan anggaran sebesar Rp1,27 Triliun dan hari ini, Alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” ungkapnya.

Bendungan Karalloe
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meresmikan Bendungan Karalloe di kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).

Presiden Joko Widodo menyebutkan bendungan ini mampu mengaliri hingga 7.000 hektar lahan pertanian.

“Bendungan ini nantinya bisa mengairi 7000 hektar lahan pertanian yang ada di kabupaten jeneponto, jadi bendungan ini ada di kabupaten gowa, tapi yang menerima manfaat juga kabupaten jeneponto dulu panen padi dan palawija sekali nanti bisa dua kali panen padi dan palawija jadi bisa menaikkan inchum kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Presiden dua periode ini juga mengaku bendungan bendungan Karalloe mampu mengurangi banjir hingga 49 persen.

“Tahun 2019 lalu di kabupaten Jeneponto terjadi banjir besar, hadirnya bendungan ini akan mengurangi banjir sebesar 49 persen,jadi memberikan dampak yang sangat besar serta menjadi pemanfaatan listrik dan air baku,, pungkas Jokowi. (*)