Bupati Gowa Harap Basarnas Terus Bersinergi dalam Upaya Penanggulangan Bencana
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku kehadiran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan sangat berkontribusi pada upaya penanggulangan bencana. Baik di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Gowa, hingga di luar wilayah Sulawesi Selatan.

SUNGGUMINASA—Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku kehadiran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan sangat berkontribusi pada upaya penanggulangan bencana. Baik di wilayah Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Gowa, hingga di luar wilayah Sulawesi Selatan.

Apalagi menurutnya, Basarnas merupakan salah satu lembaga yang sangat dibutuhkan khususnya dalam hal penyelamatan dan pertolongan.

“Tentu kami menyambut baik kedatangan beliau sekaligus bersilaturahmi untuk mempererat hubungan, apalagi Basarnas adalah tim cepat terhadap penyelamatan jika terjadi sesuatu,” katanya saat menerima kunjungan Basarnas Sulsel di ruang kerjanya, Selasa (18/5/2021).

Adnan berharap kehadiran Basarnas bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dan langkah cepat bisa dilakukan apabila sewaktu-waktu sangat dibutuhkan.

Sementara Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi mengungkapkan, kunjungannya ke Kabupaten Gowa untuk bersilaturahmi sekaligus perkenalan pimpinan baru dari kepala sebelumnya yang dijabat oleh Mustari.

Djunaidi mengatakan, dirinya sebagai pimpinan baru ingin menjalin sinergitas dengan seluruh pimpinan daerah di Sulawesi Selatan, salah satunya di Kabupaten Gowa.

“Kami berkunjung untuk bersilaturahmi untuk perkenalan sebagai kepala baru, dimana pak Mustari (sebelumnya) telah bertugas di Ambon sebagai gantinya saya di Sulsel utnuk bersinergi apalagi hal ini perihal penyelamatan kedepannya,” ungkapnya.

Selain itu, silaturahmi ini juga sebagai salah satu cara mempercepat respon time terkait operasi SAR yang dilakukannya dikemudian hari. Pasalnya dalam melakukan operasi SAR komunikasi antar stakeholder yang bersangkutan sangat dibutuhkan.

“Pertemuan ini juga sebagai cara untuk melakukan upaya-upaya percepatan operasi SAR jika dibutuhkan suatu saat di Gowa. Semoga setelah ini sinergitas akan selalu terjalin,” jelasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Gowa, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansah. (*)