Andi Sudirman Sulaiman
Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulsel.

MAKASSAR—Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menegaskan, Dana Desa telah mengambil bagian untuk pemulihan ekonomi nasional dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Andi Sudirman Sulaiman secara virtual pada Rapat koordinasi bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Pembangunan Desa dan Perdesaan tingkat provinsi Sulsel, di hotel Claro Makassar Kamis (8/7/2021).

“Dana Desa telah mengambil bagian untuk pemulihan ekonomi nasional dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 seperti kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah dalam pemulihan ekonomi desa, dimulai dari pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), SDGs Desa serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro,” ungkapnya.

Dikatakan, setiap tahunnya Pemerintah
berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan Dana Desa, melalui penyempurnaan berbagai kebijakan dan regulasi dalam rangka efektifitas pengelolaan Dana Desa.

“Penyempurnaan berbagai kebijakan dan regulasi dalam rangka efektifitas pengelolaan Dana Desa terus dilakukan dengan mengatur penyaluran dan penggunaan yang diharapkan
pemanfaatannya dapat lebih terarah dan terukur serta dapat mendukung pencapaian target-target RPJM Nasional dan RPJM Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten,” tuturnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, Triwulan ke lll merupakan fase implementasi dari pelaksanaan kegiatan di seluruh desa, tidak ada lagi desa yang mengalami keterlambatan dalam pelaksanaan kegiatan prioritasnya di desa.

“Kita telah memasuki Triwulan III 2021, dalam tahapan ini kita telah berada pada fase implementasi dari pelaksanaan
kegiatan di seluruh desa, tidak ada lagi desa yang mengalami keterlambatan dalam pelaksanaan kegiatan prioritasnya di desa karena hal tersebut tidak hanya merugikan pemerintah desa namun dapat merugikan masyarakat dalam aspek kesejahteraan dan pelayanan serta dapat berdampak pada pembangunan di desa itu sendiri,” paparnya.

Buka Rakor bidang PMD, Plt Gubernur: Wujud dukungan dan sinergitas dalam memajukan pedesaan di Sulsel
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri secara virtual Rapat Koordinasi bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Pembangunan Desa dan Pedesaan tingkat provinsi sulsel, di rumah jabatannya, Kamis (8/7/2021).

Andi Sudirman Sulaiman menambahkan, Perencanaan dan pembangunan desa yang partisipatif harus dikelola secara mandiri dan produktif.

“Untuk itu pemerintah desa secara aktif perlu berkolaborasi dengan melakukan
pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes, pengembangan usaha ekonomi produktif utamanya yang dikelola oleh BUMDes,” tutupnya. (*)