Dihadiri 300 Lebih Kepala Kesbangpol se Indonesia, Plt Gubernur Sulsel Buka Rakornas Kesbangpol
Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membagikan pengalamannya di hadapan seluruh pejabat Kesbangpol Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Indonesia, dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

MAKASSAR—Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membagikan pengalamannya di hadapan seluruh pejabat Kesbangpol Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Indonesia, dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Claro Hotel Makassar, Jumat, 14 Januari 2021. Mulai dirinya bergelut pada perusahaan multinasional, kemudian masuk ranah politik sebagai kepala daerah.

Termasuk dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19, tetap bisa survive dengan mengimbangi antara perekonomian dan kesehatan.

“Dalam menjalankan pemerintahan, perlu menjaga trust (kepercayaan), serta senantiasa membangun teamwork yang baik untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Tidak ada orang hebat yang sendiri. Namun hal itu karena keberhasilan dan sinergi bersama untuk mencapai hal itu,” ungkapnya.

Diharapkan dalam rapat koordinasi ini untuk menyamakan persepsi terkait politik dan pemerintahan umum, termasuk pemulihan ekonomi dan penanggulangan Covid-19.

Menurutnya, Kesbangpol memiliki peran yang sangat strategis. Disamping menjalankan fungsi-fungsi sebagai pemerintahan umum, juga untuk berinteraksi dengan kelompok masyarakat dan juga dalam proses sinkronisasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

“Kesbangpol juga berperan dalam menjaga perdamaian dan keamanan terhadap isu-isu SARA. Agama yang terbaik adalah agama yang menjaga kedamaian, menjaga kerukunan, serta menjaga NKRI,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, sejatinya Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar membuka acara Rakornas Badan Kesbangpol ini. Namun ia memilih gubernur termuda di Indonesia itu yang membuka acara Rakornas yang dihadiri lebih dari 300 orang Kepala Kesbangpol se Indonesia.

Dihadiri 300 Lebih Kepala Kesbangpol se Indonesia, Plt Gubernur Sulsel Buka Rakornas Kesbangpol
Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membagikan pengalamannya di hadapan seluruh pejabat Kesbangpol Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Indonesia, dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)

“Saya mohon izin, saya tidak membuka ini acara, Pak Gubernur saja. (Diminta kesediaan) Gubernur berkenan membuka acara ini karena gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, sebagai kepala pemerintahan umum. Maka lebih pantas membuka acara ini adalah Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Andi Sudirman Sulaiman),” ungkapnya.

Bahtiar menyampaikan, Kesbangpol merupakan satu-satunya OPD yang membantu kepala daerah dalam pemerintahan umum. “Kesbangpol ini tugas pokoknya membantu Gubernur, Bupati/Wali Kota, dalam menjalankan tugas urusan pemerintahan,” katanya.

Dalam kedudukannya, Gubernur memiliki tiga jabatan, yakni Gubernur sebagai Kepala Daerah Utama, Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat, Gubernur sebagai Kepala Pemerintahan Umum (di Provinsi).

“Penanggung jawab akhir pemerintahan umum di tingkat nasional adalah Presiden sebagai Kepala Pemerintahan,” pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Imran; jajaran Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum; dan Bupati Wakatobi. Adapun narasumber yang dihadirkan dari BNN Kementerian Kesehatan, Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kemendagri. (*)