MAKASSAR Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 92 Tingkat Provinsi Sulsel diHotel Gammara Sabtu (19/12).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Provinsi Sulawesi Selatan Dr. dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes, mengatakan Peringatan PHI ini dimaksudkan agar seluruh warga Negara baik laki-laki maupun perempuan, terutama generasi muda senantiasa menyegarkan kembali ingatannya akan perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Kegiatan ini berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Hari Ibu Tahun 2020, yang dimaksudkan agar seluruh warga Negara terutama generasi muda senantiasa menyegarkan kembali ingatannya akan perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan dalam memperjuangkan kemerdekaan, sehingga semakin mempertebal tekad dan keyakinan kita semua dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan guna peningkatan kualitas hidup dan peran perempuan, baik peran pribadi, mandiri, maupun peran dalam organisasinya di berbagai aktifitas pembangunan.”Ungkapnya.

Ia Menyebutkan pada rangkaian PHI telah dilakukan berbagai kegiatan dan bakti sosial.

“Sebagai rangkaian peringatan hari ibu di Sulawesi Selatan, sebelumnya telah dilakukan sinergi Bakti Sosial Pasca Bencana di Kabupaten Luwu Utara oleh KPPPA RI bersama Dinas P3A Dalduk KB Provinsi, dan Dinas P3A Kab/ Luwu Utara. Selain itu pemerintah kabupaten/kota, organisasi perempuan tingkat provinsi dan kabupaten/kota juga melakukan peringatan hari ibu secara mandiri yang disesuaikan dengan kondisi pandemi covid saat ini.”Sebutnya.

Kadis DP3A Dalduk KB sulsel juga Mengaku PHI diikuti sekitar 500 orang baik secara offline maupun online dengan tema “Perempuan Berdaya, Sulawesi Selatan Jaya.

“Undangan yang hadir dan mengikuti acara ini baik secara offline maupun online berjumlah kurang lebih 500 orang yang terdiri dari unsur instansi pemerintah provinsi dan kab/kota, para pengurus dan anggota organisasi perempuan provinsi dan kab/kota, lembaga pemerhati perempuan dan anak, professional, dan media massa.”Pungkasnya .

Pada acara puncak PHI dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota secara virtual, dalam rangka Akselerasi Capaian Kinerja Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.