Beranda ยป Makassar ยป Dirbinmas Polda Sulsel Minta BUJP Antisipasi Perkembangan Industri Persekuritian
Dirbinmas Polda Sulsel Minta BUJP Antisipasi Perkembangan Industri Persekuritian
Makassar

Dirbinmas Polda Sulsel Minta BUJP Antisipasi Perkembangan Industri Persekuritian

MAKASAR – Direktur Binmas Polea Sulsel, Kombes Pol. Drs. Markilat Heru Prasetyo, meminta seluruh Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang ada di wilayah hukum kepolisian daerah (Polda) Sulsel untuk segera mengantisipasi perkembangan industri persekuritian yang begitu cepat.

Hal itu diungkapkan Kombes Pol. Markilat dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi BUJP dan Instansi Perusahaan Pengguna Satpam, jajaran Polda Sulsel, di Aula Makarti, Balai Latihan Masyarakat Makassar, Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Jl. Daeng Ramang, Sudiang, Makassar, Rabu (7/11).

“Perkembangan industri persekuritian bergerak dengan sangat cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan masuknya BUJP asing, yang kemudian menetapka spek atau kreteria tertentu yang tidak kita miliki, sehingga mereka akan membawa sendiri tenaga satpam dari negaranya,” tegas Kombes Pol. Markilat.

Olehnya itu Dirbanmas yang telah bertugas di Polda Sulsel hampir 2 tahun tersebut meminta melalui rakor yang dihadiri sekitar 60 BUJP, 23 Kasat Binmas seluruh Polres di Polda Sulsel dan sejumlah perusahaan pengguna Satpam tersebut, dapat dibuat kesepakatan-kesepakatan dalam memperbaiki situasi di Lapangan.

Sementara itu Ketua Harian DPD Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Sulsel, Abdi Asmara, mengajak seluruh peserta rakor untuk senantiasa melakukan koordinasi khususnya terkait tugas, fungsi dan penghasilan Satpam dalam upaya memuliakan Satpam yang merupakan kepanjangan tangan dari kepolisian.

“Hingga hari ini Satpam masih dipandang sebelah mata, meskipun tugas mereka di lapangan selaku kepanjangan tangan kepolisian itu sangat mulia, untuk itu kita harus senantiasa berkoordinasi untuk sama-sama memuliakan Satpam,” ungkap Abdi Asmara, yang uuga merupakan Ketua Komisi A, DPRD kita Makassar.

Kasubdit Bin Satpam dan Polsus, Polda Sulsel, AKBP. Drs. Moh. Siswa yang tampil sebagai Nara Sumber tunggal, dalam pemaparannya lebih menekankan pada bagaimana tata cara Sistem Management sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu dalam rakor yang mengambil tema ‘Sinergitas polri dengan BUJP dan instansi pengguna satpam, kita wujudkan profesionalisme satpam dalam rangka pemuliaan satpam melaksanakan tugas Harkantibmas’ itu, AKPB Siswa juga menyampaikan, bahwa saat ini sesuai data yang dimiliki Binmas Polda Sulsel, di seluruh wilayah polda Sulsel terdapat 12.807 orang satpam bersertifikat Gada Pratama. (464ys)