Dishub Sulsel Tegaskan Jalur
Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan menegaskan teman bus melalui program Buy The Service pada trans mamminasata melewati jalur sesuai aplikasi sehingga tidak menggangu jalur transportasi angkutan umum lainnya.

MAKASSAR—Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan menegaskan teman bus melalui program Buy The Service pada trans mamminasata melewati jalur sesuai aplikasi sehingga tidak menggangu jalur transportasi angkutan umum lainnya.

“Jadi mengenai keluhan dari angkutan umum atau pete-pete, saya jelaskan kalau rute teman bus sudah melalui aplikasi yang ada didalam bus dan diatur sedemikian rupa sehingga sopir akan berhenti pada saat diperintah aplikasi dan tentu tidak sembarang berhenti maupun mengambil penumpang,” ungkap Setiawan DS Kasi Lingkungan Perhubungan Dishub Sulsel usai kegiatan Coffee morning yang dilaksanakan Diskominfo Sulsel di Hotel Harper Makassar, Selasa (7/12/2021).

Ia menjelaskan tidak semua pemberhentian teman bus mempunyai halte. “Memang tidak semua pemberhentian teman bus ada haltenya, contoh di jalan daeng sirua, tidak ada haltenya tapi di aplikasi memerintahkan untuk berhenti disitu jadi semua berdasarkan aplikasi yang ada, dan kalau tidak berhenti akan didenda,” jelasnya.

Setiawan juga mengaku rencana kedepannya akan dipasang rambu penanda tempat pemberhentian teman bus.

“Nanti ada rencana ada rambu penanda, kalau halte, kita perbaiki yang ada saja dulu sehingga tidak terlalu makan tempat, apalagi saat jumlah halte di Mamminasata kalau tidak salah ada sekitar 100 lebih,” tuturnya.

Lebih jauh ia menyebutkan akan tetap memfasilitasi setiap keluhan atau keberatan dari sopir angkutan umum.

“Kita fasilitasi, kita undang untuk membahas bersama angkutan umum, supaya program nasional kemenhub teman bus ini bisa tetap berlangsung. Kemarin juga sudah rapat di rapim hasilnya masih didiskusikan apakah ada jalur beririsan jalur teman bus,” terangnya.

Adapun 4 koridor teman bus yaitu koridor satu terminal Malengkeri – Unhas sepanjang 53 km, koridor dua Bandara Internasional Sultan Hasanuddin – Mall Panakkukang sepanjang 18 km, koridor tiga kampus PNUP – Kampus 2 PIP sepanjang 51 km serta koridor empat pelabuhan Soekarno Hatta – UIN Samata sepanjang 46 Km. (*)