Dosen FAI Unismuh Makassar Gelar PKM Kelompok Pengrajin Tusuk Sate di Turikale
Para dosen di Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kelompok pengrajin rusuk sate di Lingkungan Baniags di Turikale Maros.

MAROS—Para dosen di Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kelompok pengrajin tusuk sate di Lingkungan Baniags di Turikale Maros.

Sejumlah dosen yang terlibat dalam program PKM ini adalah, Dr. Hj. Sumiati, S.Ag, MA, Dra. Nurani Azis, M.Pd.I Nurhidayah Mukhtar, S.Pd.I, M.Pd.I.

Salah seorang dosen itu, Hj. Sumiati kepada media sulsel, Sabtu (7/11/2020), menegaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pada kelompok pengrajin tentang manajemen pemasaran untuk memperoleh penghasilan yang lebih baik.

Selain itu juga meningkatkan pengetahuan tentang cara pembuatan tusuk sate dengan menggunakan mesin pembuat tusuk sate.

Meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan para pengrajin serta mengoptimalkan potensi pada kelompok pengrajin sehingga dapat menjadi daerah tolak ukur sentra pengrajin tusuk sate di daerah tersebut.

Saat ini kata Sumiati, kebutuhan tusuk sate yang terus meningkat di dunia kuliner, mengharuskan para industri kecil untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya dalam jumlah yang besar.

Akan tetapi proses pengelohan masih dilakukan dengan menghabiskan waktu yang cukup lama dan mebutuhkan banyak tenaga.

Tenaga kerja dalam industri rumah tangga ini masih di dominasi oleh ibu rumah tangga dan masih menggunakan cara manual untuk pengolahan tusuk sate tersebut.

Target utama pelatihan ini para pembuatan tusuk sate yakni menggunakan mesin dan tehnik pemasaran yang efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik bagi kelompok mitra, tandasnya. (ulla/yahya/cr/shar)