Beranda ยป Pendidikan ยป FKM Unhas Gelar Kuliah Tamu, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Pendidikan

FKM Unhas Gelar Kuliah Tamu, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

MAKASSAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar kuliah tamu di Aula Prof. Fachrudin Sekolah Pasca Sarjana Unhas, Rabu (29/11), dengan topik “Is Work Making You Sick?”.

Hadir sebagai pemateri, Prof. Dino Pisaniello dari The University of Adelaide, Australia, yang merupakan pakar dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Menurut dosen Departemen K3 FKM Unhas, Yahya Thamrin, Ph.D, yang bertindak sebagai moderator, kegiatan ini dimaksudkan agar semakin memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang kesehatan dan keselamatan kerja.

“Perkiraan global menunjukkan sekitar 2,3 juta pekerja meninggal terkait pekerjaan setiap tahunnya”, kata Yahya mengutip data Prof. Dino, yang juga merupakan mantan supervisornya ketika sekolah master dan doktor di Australia.

Pada kuliah yang diikuti sekitar 200 orang mahasiswa FKM Unhas ini, Prof. Dino menegaskan, bahwa terdapat 3 faktor yang saling terkait dalam kesehatan dan keselamatan kerja, yaitu pekerja, pekerjaan dan lingkungan kerja.

Variabel lingkungan kerja akan mempengaruhi kualitas pekerja dan pekerjaan itu sendiri. Lingkungan kerja yang sehat dan aman akan meningkatkan produktivitas pekerja dan kualitas pekerjaan.

Dalam paparannya, Prof. Dino juga menyinggung isu terkini seperti masalah kesehatan terkait telpon selular dan kebiasaan duduk lama saat bekerja.

“Duduk lama (sedentary behavior) tanpa berdiri dan bergerak ibarat sebuah perilaku merokok baru (sitting is the new smoking?). Sedentary behavior mempengaruhi sensitivitas glukosa. Hal ini berdampak pada meningkatnya risiko penyakit diabetes,” tegas Prof. Dino.

Selain itu, Prof. Dino juga mengungkapkan, bahwa banyak faktor risiko kesehatan di tempat kerja dapat dimodifikasi dengan mengimplementasikan promosi kesehatan di tempat kerja.

“Kalau kita simpulkan, maka keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan itu penting (work-life balance), karena itu, kita perlu menerapkan praktik ‘go home on time day’ setiap akhir bulan sebagaimana yang dipopulerkan oleh Prof. Dino,” tutup Yahya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD dihubungi secara terpisah menyampaikan, bahwa kuliah tamu seperti ini sangat penting untuk menggabungkan antara teori dan praktek lapangan apalagi ada komparasi implementasi di negara maju seperti Australia tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. (*/464y)

Topik