GenBI Komisariat UINAM Gelar Aksi Nyata Gerakan PANDAWA
Gerakan Pandangan Desa Wisata (PANDAWA) itu mengusung tema “Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat Guna Mengurangi Pencemaran Lingkungan” yang di laksanakan di kawasan seputar Air Terjun Takapala, Kelurahan Bontolureng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, selama 2 hari yaitu Sabtu (02/10/2021) dan Minggu (03/10/2021).

GOWA—Kumpulan mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia, yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI, khususnya Deputi Lingkungan Hidup Komisariat UIN Alauddin Makassar (UINAM),  kembali menggelar aksi nyata sebagai wujud kepeduliannya terhadap penyelamatan lingkungan sekitar.

Aksi nyata yang bernama Gerakan Pandangan Desa Wisata (PANDAWA) itu mengusung tema “Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat Guna Mengurangi Pencemaran Lingkungan”  yang di laksanakan di kawasan seputar Air Terjun Takapala, Kelurahan Bontolureng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, selama 2 hari yaitu Sabtu (02/10/2021) dan Minggu (03/10/2021).

Kepada Mediasulsel.com selaku media partner dalam kegiatan ini, Minggu (3/10/2021), Deputi Publik Relation GenBI UINAM, Jannah menuturkan, awal terciptanya program kerja ini karena adanya laporan dari warga-warga sekitar lokasi kegiatan, tentang banyaknya penampungan sampah di sekitar air terjun Takapala.

“Demi mewujudkan aksi nyata GenBI sebagai Agen Of Change di masyarakat, melalui kegiatan Gerakan PANDAWA ini, kami mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk bisa menjaga, mengelola dan melestarikan Sumber Daya Alam (SDA) agar terciptanya situasi yang ramah lingkungan,” jelas Jannah.

Kegiatan ini dibuka Ketua GenBI Wilayah Sulawesi Selatan, Baso Patisangguru yang dilanjutkan dengan penyerahan tempat sampah sebagai bentuk simbolik pada kegiatan kali ini, serta memberikan edukasi QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard)  kepada UMKM yang ada di dekat lokasi tersebut.

Baso Patisangguru dalam sambutan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini yang telah memberikan dukungan bagi pemerintah dan masyarakat.

“Kegiatan GenBI Pandawa GenBI Komisariat Alauddin Makassar ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa  yang terdapat dua kegiatan inti yakni pengadaan infrastruktur sosial berupa tempat sampah daur ulang sekaligus mensosialisasikan QRIS kepada UMKM-UMKM di sekitar Air Terjun Takkapala. Dengan kegiatan ini kita harapkan mampu mendorong daya Tarik pada sektor wisata sehingga mengembangkan UMKM dan membuka lapangan kerja di sekitar lokasi wisata tersebut,” kata Baso.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia kegiatan Pandawa, Aswar Arafah yang mengatakan apa yang dilakukan GenBI UINAM merupakan bentuk kepeduliannya terhadap kegiatan kali ini.

“Kami menciptakan program kerja ini demi kebersihan yang bertempat di Air Terjun Takapala agar pencemaran lingkungan tidak lagi terjadi dengan harapan semoga dengan terlaksananya program kerja ini dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat.”

Sementara itu  Ketua pengelola air terjun Takapala, Syarifuddin S.E Daeng Naba yang turut hadir menyaksikan dan terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, memberikan apresiasi atas inisiasi dan kontribusi aktif GenBI yang telah peduli terhadap alam dan lingkungan. (*/464Ys)