Bambang Soesatyo Buka Monaco 2021
Ketua MPR RI periode 2019-2024, H. Bambang Soesatyo, SE, MBA, Sabtu (2/10/2021) pagi, resmi membuka pelaksanaan Moehi National Competition (Monaco) 2021 secara virtual dan disiarkan melalui link youtube SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

YOGYAKARTA—Ketua MPR RI periode 2019-2024, H. Bambang Soesatyo, SE, MBA, Sabtu (2/10/2021) pagi, resmi membuka pelaksanaan Moehi National Competition (Monaco) 2021 secara virtual dan disiarkan melalui link youtube SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Dalam sambutan pembukaannya Bambang mengatakan, bahwa pandemi bukanlah halangan untuk berkarya dan berprestasi serta transformasi adalah sebuah keniscayaan.

“Generasi muda Indonesia harus mampu beradaptasi dan terus berkompetisi agar tidak kehilangan jati diri. Monaco 2021 adalah sebuah wujud optimisme dan eksistensi diri dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Semoga dengan semangat Monaco kita dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul,” tutur Bambang.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H Herynugroho, M.Pd, menuturkan, Monaco 2021 merupakan serangkaian lomba yang ditujukan bagi siswa siswi SMP dan SMA sederajat se-Indonesia.

Herynugroho berharap Monaco 2021 bisa menjadi ajang dan wadah bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mencapai titik kejayaannya sebagai seorang generasi muda sekaligus generasi penerus bangsa.

“di era 4.0 Pelajar harus memiliki tiga komponen keterampilan utuh agar bisa menjadi generasi yang unggul dan menjadi pemenang dalam kompetisi global. Tiga komponen keterampilan utuh yang dimaksud adalah pendidikan karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. Insya allah dengan kalian mengikuti Monaco ini dengan sungguh sungguh, kalian akan memperoleh tiga komponen keterampilan utuh itu sekaligus,” tegas Herynugroho.

Untuk diketahui, sebagaimana telah diberitakan Media Sulsel sebelumnya, Moehi National Competition (Monaco) 2021, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammdiyah 1 Yogyakarta (Moehi), yang di tahun 2021 ini memilih tema “Reformation into Transformation Era” dengan mempertandingkan 22 cabang lomba, yang diantaranya adalah; Olimpiade Matematika, Dai Muda, Story Telling, Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris.

Selain itu juga diadakan lomba cover lagu, olimpiade IPS, fotografi, olimpiade IPA, PUBG, vlog, poster digital,  speech contest, Qiroah, saritilawah, short movie, essay, cerpen, sesorah, jurus bela diri tapak suci, kaligrafi, MLBB, dan lomba cipta puisi.

Seluruh kegiatan lomba ini diselenggarakan secara daring dan kegiatan lomba akan berlangsung selama satu bulan penuh. Meski telah dibuka secara resm,namun saat ini pendaftaran Monaco secara online di https://monaco.smumuhi-yog.sch.id/ masih terus dibuka hingga 7 Oktober 2021.

Saat pembukaan Monaco ini juga ditampilkan penampilan siswa berupa hiburan Band, Tarian Ratoeh Pukat, musikalisasi puisi dan berbagai pertunjukan lainnya.

“Semoga dengan Monaco ini akan mampu melahirkan banyak talenta muda baru yang siap untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” pungkas Yusron dalam siaran persyang dikirimkannya melalui pesan WhatsApp kepada Media Sulsel. (464Ys)