Advertisement - Scroll ke atas
  • Bapenda Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Stunting
Video

Hal Yang Akan Terjadi Jika Indonesia Turun Salju

9484
×

Hal Yang Akan Terjadi Jika Indonesia Turun Salju

Sebarkan artikel ini
  • Pilkada Sulsel (KPU Sulsel)
  • Pemprov Sulsel
  • PDAM Kota Makassar
  • Banner DPRD Makassar

VIDEO – Musim dingin dibeberapa belahan dunia sudah mulai mencapai puncaknya, dari Desember2019- Maret 2020 salju yang dingin akan turun menutupi sejumlah negara yang ada di sub tropis.

Tak ayal, sejumlah masyarakat Indonesia yang ingin menikmati dinginnya salju memilih berlibur di negara yang turun salju seperti Jepang, korea, eropa, Amerika Serikat dll.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Dan, seketika kita terbayang kalau ada salju yang turun di Indonesia, pasti lebih menyenangkan.

Tunggu dulu, apa bisa negara tropis seperti Indonesia itu bisa turun salju?

Usut punya usut, supaya salju bisa turun di suatu wilayah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Tapi, sayangnya, yang bisa memenuhi persyaratan itu hanya daerah subtropis dan Kutub saja. Soalnya, hujan salju cuma bisa terbentuk saat uap air di langit sana membeku dan bergabung menjadi kristal salju.

Tapi, jangan salah! Faktanya, di seluruh dunia ada 3 negara tropis yang punya puncak bersalju. Dan Indonesia sangat beruntung jadi salah satunya! Di Pegunungan Jayawijaya, ada beberapa puncaknya yang tertutup lapisan salju. Hanya saja, lapisan ini ternyata bukan hasil hujan salju, tapi sisa-sisa dari Zaman Es ribuan tahun lalu yang bertahan hingga kini.

Berbicara soal musim, Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang hanya bisa merasakan musim hujan dan kemarau saja. Banyak orang Indonesia yang pasti sempat merasa iri dengan negara lain yang memiliki empat musim. Iri ingin juga menikmati indahnya musim semi atau membuat boneka salju saat musim dingin.

Berbicara mengenai musim salju pernahkah kamu membayangkan apa yang terjadi bila tanah air indonesia tiba tiba turun salju ?

Hal itu sebenarnya bukan tidak mungkin untuk terjadi. Jangankan salju, beberapa waktu yang lalu banyak daerah di Indonesia yang dihujani oleh es batu dari langit.

Salju cukup mungkin terjadi di Indonesia, seperti ketika di Timur Tengah juga merasakan hal yang sama. Tapi, alih-alih menyenangkan, munculnya salju di negara kita justru akan menjadi mimpi buruk. Ya, jelas ini adalah hal yang tidak wajar terjadi.

Perubahan musim yang dialami oleh negara-negara di dunia itu salah satunya merupakan efek dari rotasi dan revolusi bumi

Coba pikirkan ketika negara tropis seperti Indonesia turun salju. Tentu itu adalah salah satu bukti bahwa umur planet ini semakin pendek saja dan kemungkinan hal buruk lainnya akan terjadi, termasuk datangnya kiamat.

Nah berikut ini sejumlah hal yang akan terjadi jika indonesia turun salju.

Beberapa daerah Indonesia akan kekurangan air bersih

Meskipun Indonesia merupakan negara kepulauan, tapi masih ada beberapa daerahnya yang tidak memiliki banyak alternatif sumber air.
Didaerah Timur Indonesia misalnya yang biasa mengandalkan sumur galian atau suangai untuk kebutuhan sehari hari, tentunya jika salju terus menerus turun akan menyebabkan seluruh sumber air membeku, akibatnya masyarakat akan kekurangan air bersih. Pemerintahpun punya kerjaan baru untuk mensuplai kebutuhan air bersih warganya.

Kemiskinan semakin bertambah

Sebagian besar masyarakat indonesia menggantungkan hidupnya sebagai petani, nelayan dan berkebun

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena memiliki tanah yang subur hingga tongkat dan kayupun bisa jadi tanaman.

jika salju benar benar turun di Indonesia, tanah tanah yang subur akan tertutupi salju sehingga petani tidak bisa lagi bercocok tanam, sawah tak bisa lagi ditanami padi, bahkan rumput untuk hewan ternak akan sulit ditemukan.

Begitupun dengan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di laut seperti nelayan, perahu kecil takbisa lagi melaut alhasil hasil perikanan akan turun secara drastis.

Tentunya hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat indonesia.

Masyarakat Indonesia akan menderita Hipotermia

Orang Indonesia selama ini sudah sangat terbiasa dengan cuaca panas sehingga persediaan pakaian hangat yang dimiliki pastinya sedikit.

Selain itu, pakaian orang Indonesia terbilang sangat tidak cocok untuk musim dingin, sehingga masyarakat akan mengeluarkan dana besar untuk membeli penghangat ruangan dan pakaian hangat jika salju benar benar datang.

Saat salju turun, temperatur cuaca seketika akan turun drastis, semakin malam tentunya akan semakin dingin, banyak masyarakat kita yang tidak bisa menghangatkan dirinya dengan baik hingga akhirnya menderita hipotermia.

Para penderita hipotermia sepertinya akan lebih banyak berasal dari orang orang kurang mampu ataupun gelandangan yang membeli baju untuk sehari-hari saja tidak mampu apalagi menyediakan baju untuk musim dingin?

Kalau pun mereka mendapat pemberian baju, tempat tinggal yang beratap terpal juga akan sulit menghalau hawa dingin dari luar rumah. Bila tidak cepat ditangani penderita hipotermia akan mengalami kematian.

Negara Kewalahan

Jika Salju benar benar turun di Indonesia bisa dibayangkan pemerintah akan benar benar kewalahan. Salju yang turun tak hanya menjadi bencana baru namun sejumlah fasilitas umum tentunya akan lumpuh.

Rumah rumah yang tidak didesain untuk menahan berat beban salju akan roboh, Jalan raya yang tertimbun salju menyebabkan kemacetan, nelayan berhenti melaut, Jalan licin menyebabkan kecelakaan bahkan kapal kapal penumpang akan berhenti beroperasi karena tidak didesain untuk memecah Es.

untuk mengatasi hal diatas tentunya membutuhkan anggaran yang sangat besar, termasuk pembelian mobil pembersih salju, kapal pemecah es, baju dinas baru, pemanas ruangan di kantor pemerintahan termasuk disekolah sekolah dan masih banyak lainnya.

Menikmati dinginya salju ternyata tak hanya dapat memberikan keceriaan seperti saat liburan di negara sub tropis, tetapi malah bisa menyebabkan bencana untuk negara kita. Bagaimanapun juga kita harus tetap waspada terhadap setiap perubahan yang ada di dunia ini baik itu dari segi fenomena alam maupun fenomena sosial. [*]

  • DPPKB Kota Makassar
error: Content is protected !!