Beranda ยป Sulsel ยป Hari Bhakti Rimbawan, Gerbang Mas Kerja Nyata
Hari Bhakti Rimbawan, Gerbang Mas Kerja Nyata
Sulsel

Hari Bhakti Rimbawan, Gerbang Mas Kerja Nyata

GOWA – Hari Bhakti Rimbawan yang ke 36 tanggal 16 maret 2019, dimeriahkan dengan aksi nyata menanam pohon, yang tentunya dimaksudkan untuk terus menambah persediaan oksigen dan memperbaiki kwalitas lingkungan dan berusaha mengembalikan fungsi lahan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel Ir. H. Muhammad Tamzil, MP, IPU, mengatakan Bencana Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Gowa beberapa waktu yang lalu cukuplah menjadi pelajaran berharga yang seyogianya tidak boleh terulang lagi.

“Bencana longsor dan banjir yang terjadi dikabupaten gowa beberapa waktu yang lalu,menjadi pembelajaran yang sangat berharga untuk diharapkan tidak terulang lagi dengan bersama-sama terus melakukan gerakan menanam pohon dan menjaga kelestarian hutan dan lingkungan,” Kata Tamzil.

Pada momentum Hari Bhakti Rimbawan KE 36,dicetuskan keinginan Pengda IKA Sulsel untuk mempunyai lokasi kelola sendiri yang akan menjadi pilot project untuk pengelolaan hutan mulai dari menanam, memelihara, mengamankan sampai pada menghasilkan dan akan menjadi contoh konkrit bagi yang lain.

“Para Alumni sudah mempunyai basic atau keahlian dalam mengelola hutan,sehingga keinginan Pengda IKA SulSel untuk mempunyai lokasi kelola sendiri yang akan menjadi pilot project,pasti akan bisa berjalan baik dan lancar,” Lanjutnya.

Tamzil lebih jauh mengaku,soal lokasi dan model kerjasama dengan KPH akan disampaikan lansung ke kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Saya kira kalau soal lokasi dan model kerjasama dengan KPH akan dibicarakan lebih lanjut dengan kementrian LHK,dan yakin semuanya berjalan sesuai rencana paparnya yang lansung di amini dengan tepuk tangan oleh seluruh peserta dan alumni IKA SKMA/SMKK SULSEL.

GERBANG MAS sendiri adalah gerakan anak bangsa menanam serentak yang di inisiasi oleh seluruh Alumni Ikatan Sekolah Kehutanan Menengah Atas SKMA seluruh Indonesia.

“Kata GERBANG MAS pun merupakan usulan dari PENGDA IKA SKMA SULSEL, aksi ini adalah aksi nyata yang terus akan dilakukan dan terus berkesinambungan,” Tegasnya.

Sementara itu ketua Pengda H.Muhamrah Gusra yang merupakan Jebolan Angkatan 1 SKMA Ujung Pandang Tahun 1992,berjanji akan all out dalam mengsukseskan kegiatan dan rencana kerja,bukan hanya acara seremoni semata.

“Saya bersama seluruh alumni tentunya akan bekerja All out dalam mengsukseskan kegiatan dan rencana kerja ini ,bukan hanya acara seremoni semata”, pungkasnya yang juga di Amini oleh Ketua Panitia Perayaan Mustafa, S.Hut, MP,

Adapun Rincian bibit kayu-kayuan dan MPTs yang ditanam alumni pada saat yang bersamaan dalam rangkaian GERBANG MAS,yaitu Di Cakura Takalar 300, Bissoloro Gowa 2500, Daops Gowa 124, Maros 200 Luwu Timur Mangrove 1000, Barru 500, Bulukumba200, Sinjai100, Selayar Cemara laut 35 batang. (rmt73, skma92)