Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman
Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubernur Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman mengemukakan, Sulsel masuk Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) menjadi kebanggaan dan motivasi bagi seluruh daerah di Sulsel untuk bisa melakukan inovasi pelayanan publik, serta mengaplikasikan program pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Tentu ini menjadi pendorong bagi kita semua untuk bekerja lebih produktif dan menghadirkan berbagai inovasi pelayanan untuk masyarakat,” ungkapnya, Jumat (18/6/2021).

Ia menyampaikan agar tidak hanya sebagai finalis, melainkan bisa menjadi pemenang. “Kita harap bukan hanya sebagai finalis, tapi 10 daerah tersebut bisa lolos menjadi pemenang dan mampu meraih penghargaan,” tuturnya.

Plt Gubernur Sulsel lebih jauh berharap agar inovasi yang dilakukan tidak berhenti, agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Inovasi ini tidak berhenti sampai disini saja, melainkan terus berkarya dan berkontribusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Baik bagi Pemerintah Provinsi maupun bagi seluruh Pemerintah Kabupaten Kota di sulsel,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat kepada para Pemerintah Kabupaten Kota yang masuk sebagai finalis Top 99 Inovasi KIPP di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD tahun 2021.

“Tentu saya mengucapkan Alhamdulillah, kita di Provinsi dan beberapa Kabupaten/Kota bisa masuk sebagai finalis Top 99 Inovasi KIPP. Ini ajang bergengsi, kita tentu bangga bisa masuk sebagai finalis,” ucapnya.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) ini sendiri dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

10 Daerah di Sulsel Beserta Nama Program Inovasi Pelayanan Publiknya yang masuk sebagai Finalis Top 99 KIPP 2021:
  1. Kabupaten Gowa: Sahabat LAPOR
  2. Kabupaten Kepulauan Selayar: POSTER TANADOANG (Pos Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu Tanadoang)
  3. Kabupaten Luwu Utara: GETAR DILAN
  4. Kabupaten Pinrang: JABAT ERAT (Kerjasama Pembinaan dan Bantuan Ekonomi Berkelanjutan)
  5. Kota Makassar: Sentuh Pustaka
  6. Kabupaten Barru: WISATA POSYANDU
  7. Provinsi Sulawesi Selatan: Gesit-19 (Gerai Perizinan Sektor Kelautan dam Perikanan)
  8. Kota Palopo: MABASSA (Mudah, Akuntabel, Bersahabat, Adil, Sederhana, Simpatik dan Aman)
  9. Kabupaten Bone: Gemar Limas
  10. Kabupaten Pangkep: Kelas Perahu (Masuk Top 15 untuk kategori kelompok khusus Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021). [*]