Advertisement - Scroll ke atas
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
News

Ilhan Omar, Muslimah Pertama Menjadi Anggota DPRD Amerika

595
×

Ilhan Omar, Muslimah Pertama Menjadi Anggota DPRD Amerika

Sebarkan artikel ini
  • Pemprov Sulsel
  • PDAM Kota Makassar
  • Banner DPRD Makassar

MEDIASULSEL,- Imigran asal Somalia Ilhan Omar baru-baru ini berhasil mendobrak sejarah AS sebagai Muslimah pertama yang dilantik menjadi anggota DPRD Minnesota. Perempuan berusia 34 tahun ini memberikan harapan baru bagi umat Muslim dan kalangan imigran di AS.

Ilhan Omar lahir pada tahun 1982 di Somalia. Perempuan ini adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara, Ayah Ilhan adalah Nur Omar Mohamed, bekerja sebagai pelatih guru. Ibunya dari Yaman, dan meninggal ketika Ilhan Omar masih kecil.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Dia kemudian dibesarkan oleh ayah dan kakeknya. kakek Ilhan ini, Abukar, adalah direktur Transportasi Nasional Laut Somalia, dengan paman dan bibinya juga bekerja sebagai PNS dan pendidik. Setelah dimulainya perang sipil pada tahun 1991, ia dan keluarganya meninggalkan negeri dan menghabiskan empat tahun di sebuah kamp pengungsi di Kenya.

Pada tahun 1995, Omar dan keluarganya beremigrasi ke Amerika Serikat. Ilhan Omar awalnya menetap di Arlington, Virginia. Pada tahun 1995, mereka pindah ke Minneapolis.

Karir Omar dimulai dari di Edison High School, dan bergabung di sebuah oeganisasi kemahasiswaan di kampusnya. Untuk studi tersier, dia lulus di North Dakota State University, di mana ia berpartisipasi dalam Asosiasi Mahasiswa Muslim. Dia lulus dari lembaga dengan gelar sarjana dalam ilmu politik dan studi internasional.

Pengalaman relawan Omar membuat banyak orang kagum termasuk keterlibatannya dalam politik, pendidikan, hak-hak sipil dan aksi sosial, pengentasan kemiskinan, hak asasi manusia, isu lingkungan, kesejahteraan hewan, dan pemberdayaan ekonomi.

Sedikitnya dia memperoleh $ 15 per upah jam minimum. Berkenaan dengan keterjangkauan skolastik, dia menganjurkan kuliah gratis bagi siswa dengan pendapatan keluarga di bawah $ 125.000 serta aksesibilitas yang lebih besar untuk program pengampunan pinjaman mahasiswa.

Lihat Juga:  Presiden Trump Peringatkan Iran: AS Siap Menyerang Tapi Tidak Tergesa-gesa

Pada 2016, Omar disajikan dirinya sebagai calon legislatif dari Partai Demokrat-Petani-Buruh (DFL) tiket untuk Minnesota DPR. Lawannya dalam pemilihan umum adalah Partai Republik calon Abdimalik Askar, yang juga seorang aktivis dalam komunitas Amerika Somalia. Pada akhir Agustus lalu, Askar mengumumkan pengunduran dirinya dari kampanye karena kematian studi ayah dan fokus pada pascasarjananya.

Pada tanggal 9 Agustus, 2016, Omar maju dan mengalahkan Phyllis Kahn dan Mohamud Noor dalam DFL Utama untuk menjadi calon untuk 2016 Minnesota Rumah pemilihan 60B Wilayah.

November 2016, Omar memenangkan pemilihan umum, menjadi Somalia legislator Amerika pertama di Amerika Serikat. Dia secara resmi memulai masa dia di Minnesota DPR pada tanggal 3 Januari 2017 Lalu. (voaindonesia)

error: Content is protected !!