Beranda ยป Makassar ยป Inovasi Pasikola Akan Terima Penghargaan Internasional
Makassar

Inovasi Pasikola Akan Terima Penghargaan Internasional

MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar yang dikenal sebagai Sombere and Smartcity yang gencar menciptakan inovasi kembali akan meraih penghargaan internasional. Kali ini giliran inovasi Pasikola yang memenangkan The Innovative Application Award Compolis yang diprakarsai Smart City Association.

Pasikola atau Petepete Anak Sekolah berawal dari lokakarya design thinking menciptakan transportasi publik yang dicintai masyarakat. Lokakarya ini diselenggarakan oleh UNDP bekerja sama dengan UN Pulse Lab Jakarta, Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), Pemerintah Kota Makassar-Dinas Perhubungan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) pada bulan November 2016 lalu.

Puspitasari Abadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar menyampaikan dari sekian kategori yang ada, Kota Makassar berhasil meraih kategori Smart Transportation melalui Pasikola.

Kompetisi ini diikuti oleh 200 kota di dunia yang mengusung konsep smart city. Untuk Kota Makassar memenangkan kategori inovasi yang mewakili Smart Mobilty/ Transportation ungkap puspa Penghargaan bergengsi ini memiliki sejumlah kriteria yang menjadi indikator penilaian.

Di mana inovasi yang diikutkan dalam kompetisi harus memenuhi sejumlah kualifikasi.

Najiran menjelaskan inovasi harus berkelanjutan di masyarakat, membantu masyarakat dalam aspek ekonomi. Selain itu, harus didukung oleh masyarakat dan lingkungan sosial, kemudian telah diuji keberhasilan prototype pelaksanaannya, serta inovasi mewakili konsep smart city yang dapat diadaptasi oleh seluruh lapisan masyarakat, kata Puspa.

Dengan kualifikasi tersebut, Pasikola sebagai inovasi sistem transportasi publik yang bersahabat dan diperuntukkan bagi siswa sekolah ini berhasil menyingkirkan kompetitor dari ratusan smartcity dari berbagai belahan dunia. [*/4ld]