Jembatan Rusak di Kahu Bone, Plt Gubernur Sulsel Segera Bangun Jembatan Darurat
Kondisi jembatan yang rusak di Jalan poros Tanabatue-Sanrego-Palattae, tepatnya di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone langsung mendapat perhatian Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

BONE—Kondisi jembatan yang rusak di Jalan poros Tanabatue-Sanrego-Palattae, tepatnya di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone langsung mendapat perhatian Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam waktu dekat, Dinas PUTR akan segera membangun jembatan darurat. Sehingga, kendaraan ringan seperti kendaraan roda empat dapat melintas dan akses transportasi masyarakat melalui ruas jalan ini tidak terputus.

“Sambil kita pikirkan penanganan permanennya, dengan tetap mengedepankan perencanaan yang lebih baik,” ungkap Andi Sudirman, Jumat (20/8/2021).

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Sukarlan, mengatakan, sejak terjadi kerusakan pada jembatan, kendaraan roda empat atau lebih tidak bisa melintas. Bahkan harus memutar melalui jalan lain.

“Usia jembatannya sudah lama. Dibangun sekitar tahun 1970. Untuk saat ini, anggaran yang disiapkan untuk pembangunan jembatan darurat sekitar Rp240 juta yang bersumber dari anggaran pemeliharaan rutin jalan UPT V Dinas PUTR,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kondisi jembatan rusak itu terjadi pada bulan Juni 2021 lalu. Namun atas arahan dan instruksi dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, agar segera dibuatkan jembatan darurat.

“Apalagi ini merupakan jalan provinsi yang menjadi jalur alternatif dari Makassar/Maros/Pangkep menuju Kabupaten Sinjai/Bulukumba, sehingga untuk sementara dibuatkan jembatan darurat,”Pungkasnya.

Diketahui, rusaknya jembatan ini akibat kerusakan pada beberapa bagian jembatan. Bahkan sebagiannya sudah ambruk akibat derasnya aliran sungai setiap diguyur hujan lebat, yang menggerus pondasi abutmen jembatan. Dimana oprit jembatan eksisting mengalami runtuh. (*)