Kadinkes Sulsel: Lokal Transmision Dominasi Jumlah Positif Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari.

MAKASSAR – Gugus Tugas Percepatan penanganan covid-19 melalui Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan meningkatnya positif virus corona di Sulsel menjadi 112 didominasi oleh lokal transmision.

“Saat ini peningkatan jumlah positif covid-19 dominan adalah lokal transmision,data menunjukan seperti pasangan suami, istri, anak, keluarga maupun lainnya,” ungkap Ichsan melalui Video Conference bersama media, Senin (6/4/2020).

Dia menjelaskan isolasi mandiri yang dilakukan oleh pasien harus betul-betul menjaga jarak dengan keluarga yang ada didalamnya, karena setiap orang mempunyai ketahanan tubuh yang berbeda-beda.

“Tetap dirumah tidak cukup tanpa harus betul-betul menjaga jarak dengan orang yang ada disekitarnya, karena setiap orang mempunyai ketahanan tubuh yang beda. Apalagi saat ini ada Orang Tanpa Gejala (OTG),” jelasnya.

Ichsan Mustari menambahkan 80 persen keberhasilan dalam menekan penyebaran virus corona tergantung dari kepatuhan dari seluruh masyarakat untuk tetap dirumah,menjaga jarak, serta terus senantiasa menjaga kebersihan diri diantaranya dengan rajin mencuci tangan.

“Memutus rantai penyebaran virus corona, 80 persen tergantung dari kepatuhan masyarakat dalam mengikuti himbauan pemerintah, termasuk saat ini wajib menggunakan masker agar percikan cairan orang yang batuk atau bersin tidak menyebar ke orang sekitarnya,Tutupnya.

Sementara itu berdasarkan Data pantauan Covid-19 di Sulsel, Senin 6 April 2020 yaitu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 2.308, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 282 serta Positif 112. (*)