Kadisdik Sulsel Buka Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka

Kadisdik Sulsel Buka Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog membuka kegatan Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka (UT) Makassar, secara virtual di Ruang e-Panrita Disdik Sulsel, Jl. Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Senin (29/3/2021).

MAKASSAR—Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog membuka kegiatan Sosialisasi dan Promosi Universitas Terbuka (UT) Makassar, secara virtual di Ruang e-Panrita Disdik Sulsel, Jl. Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea, Senin (29/3/2021).

Hadir mendampingi Kadisdik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulsel, H Hery Sumiharto, SE, M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Dr Idrus, SPd, MPd, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Hidayati, MSi, dan Kepala Seksi PSBB PTIKP. Zulkhairil Akbar, S.STP, MSi. Juga hadir Direktur Universitas Terbuka (UPBJJ) Makassar, Drs Hasanuddin, MSi, Dra Husnaeni, MPd, Nita Utami, dan sejumlah personil lainnya.

Prof Jufri memberi apresiasi kepada Direktur UPBJJ Makassar, Hasanuddin yang telah membangun komunikasi dan bersinergi dengan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan untuk memberikan jawaban atas kebutuhan dan tuntutan anak-anak yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Kehadiran UT untuk sosialisasi dan promosi, menambah banyak pilihan para siswa kita, khususunya yang saat ini sedang duduk di kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tutur Prof Jufri dalam sambutannya.

Universitas Terbuka, lanjut  Prof Jufri, bukan perguruan tinggi baru, bahkan UT ini banyak membantu guru-guru dalam melanjutkan pendidikannya menjadi sarjana atau bahkan untuk magister, baik guru-guru pendidikan dasar maupun guru-guru pendidikan menengah.

“UT yang saat ini banyak memiliki keistimewaan, salah satunya, adalah perguruan tinggi pelopor pendidikan jarak jauh (PJJ), memiliki mahasiswa terbanyak, dan tersebar luas di seluruh Indonesia, dan juga sampai di manca negara,” tambahnya.

Baca Juga

Menurut Direktur UPBJJ Makassar, Hasanuddin, Universitas Terbuka yang berdiri sejaktahun1984 dan merupakan perguruan tinggi ke-45 di Indonesia dengan jumlah mahasiswa terbanyak, yaitu 311.000-an, saat ini telah banyak melakukan pembaharuan.

“Dulu UT identik dengan proyek. Sekarang tidak lagi. Lebih 50 persen mahasiswa UT sekarang adalah mahasiswa murni. Dengan 4 fakultas dan program pasca sarjana, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas serta program Pasca Sarjana, S2 dan S3, pungkas Hasanuddin. (*)

Berita Terkait