Kadishut Sulsel Andi Parenrengi Bersama DPLH Mengagas Satgas Gakkum

0
28

Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) provinsi sulsel Andi Parenrengi bersama Kepala Dinas Pengelolaan lingkungan Hidup (PLH) sulsel mengagas satgas penegakan hukum terhadap pelanggaran baik itu pencemaran dan kerusakan lingkungan maupun perambahan hutan.

Sebagai langkah awal gagasan ini maka dilakukan pertemuan terbatas diruang rapat Kadis DPLH sulsel yang dihadiri Kepala balai keamanan dan penegakan hukum lingkungan (KGKUM ) wilayah sulawesi Dodi Kurniawan.selasa (18-2-20).

Satgas yang dibuat ini diketuai Dodi Kurniawan kepala balai pengamanan dan penegakan hukum lingkungan wilayah sulawesi dibantu oleh kadis kehutanan Sulsel Andi Parenrengi dan Kadis pengelolaan lingkungan hidup sulsel Andi hasdullah serta ditambah unsur ppns, pplh serta polhut sebagai anggota didalamnya.

Dodi Kurniawan kepala balai pengamanan dan penegakan hukum lingkungan wilayah sulawesi mengatakan Satgas ini akan mengawal dan melakukan penegakan hukum terkait dengan kelestarian lingkungan dan kawasan hutan agar tak dirusak.

“Dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum,kita akan mendahulukan pembinaan, penguatan dan pengawasan secara terpadu baik pusat dan daerah bahkan jika telah terjadi pelanggaran bisa kita tingkatkan pada pengenaan sanksi administrasi, perdata dan pidana Tegas Dodi kurniawan.

Sementara itu Kadis pengelolaan lingkungan hidup sulsel Andi Hasdullah mengatakan satgas terpadu ini akan bersinergi untuk menghadirkan lingkungan yang ramah dan berkelanjutan.

“Kami akan bersinergi dalam menjaga terjadinya perambahan hutan,kita juga akan dorong satgas beroperasi dibagian hulu artinya strategi ada di percegahan walaupun pada akhirnya bagi yang secara nyata telah melakukan pencemaran, kerusakan lingkungan dan perambahan hutan illegal itu pasti dilakukan penegakan hukum,Ungkap Hasdullah.

“kita juga akan mengefektifkan kinerja satgas ini dengan membuat rencana aksi yang terukur outputnya,Tegasnya.