Beranda » Makassar » Kelurahan Biring Romang Bentuk Tim Penanggulangan Banjir
Kelurahan Biring Romang Bentuk Tim Penanggulangan Banjir
Makassar

Kelurahan Biring Romang Bentuk Tim Penanggulangan Banjir

MAKASSAR – Dalam upayanya mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir dalam musim hujan di tahun 2018 ini, kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala memutuskan untuk membentuk Tim Penanggulangan Banjir kelurahan.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat yang dipimpin langsung lurah Biring Romang, Rahmat bersama ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ambang Ardi, seluruh kepala seksi kelurahan serta sejumlah ketua RT dan RW se kelurahan Biring Romang, di Aula kantor lurah Biring Roamng, Rabu (14/11).

Dalam sambutannya lurah Rahmat berharap dengan dibentuknya Tim Penanggulangan banjir kelurahan Biring Romang, diharapkan jika dalam musim hujan nanti terjadi musibah banjir, maka dapat diantisipasi, sehingga tidak membawa dampak yang buruk kepada warga.

“Pembentukan Tim Penanggulangan banjir ini, merupakan antisipasi kita terhadap hadirnya musim hujan, sehingga jika harus terjadi banjir, kita dapat segera menanganinya dan mampu meminimalisir kemungkinan timbulnya dampak-dampak buruk terhadap warga,” tegas Rahmat.

Sementara itu ketua LPM Biring Romang, Ambang Ardi menghimbau seluruh warga untuk mulai lebih peduli dengan lingkungannya, dimulai dengan bersedia senantiasa mengontrol dan membersihkan drainase yang ada di sekitar rumah masing-masing, sehingga tidak terjadi penyumbatan arus air yang bisa jadi berdampak pada masuknya air ke dalam rumah.

Dalam rapat tersebut juga disepakati untuk menunjuk Kepala Seksi Kebersihan kelurahan Biring Romang, Sapri, untuk bertindak sebagai ketua Tim Penanggulangan banjir dengan anggota tim terdiri dari pertugas swakelola, seluruh ketua RT/RW dan tim kebersihan kelurahan.

Dalam paparannya Sapri meminta kerjasama seluruh ketua RT dan RW untuk bersama-sama mengantisipasi seluruh kemungkinan yang ditimbulkan akibat musim hujan, serta memutuskan untuk membuat Posko Banjir yang ditempatkan di kantor kelurahan, dan selanjutnya akan diatur jadwal jaga posko banjir yang melibatkan seluruh anggota secara bergiliran.

Pada kesempatan tersebut ketua ORT. 01 / ORW 07 kelurahan Biring Romang, Rollo, yang wilayahnya setiap musim hujan menerima dampak tertinggi sebagai akibat air yang tidak tertampung oleh drainase, mengusulkan agar ada perbaikan jembatan di Jl Perumnas Antang Raya sehingga laju air dapat langsung menuju Balang Tonjong.

“Saya pikir kalo tidak dilakukan perbaikan jembatan yang ada di jalan raya Perumnas Antang, dengan cara meninggikannya, saya pastikan setiap tahun wilayah kami akan menjadi tujuan terakhir semua air yang berasal dari RW 3, 2 dan 6, jadi jika memang jembatan tersebut menjadi wilayah kecamatan, sebaiknya kita minta kecamatan untuk mencarikan jalan keluarnya,” pungkas Rollo. (4ld)