Ketua Dekranasda Pangkep Buka Pelatihan Kerajinan Bambu di Balocci
Ketua Dekranasda Pangkep Nurlita Wulan Purnama membuka langsung kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging Kec. Balocci, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Rabu (17/06/2021).

PANGKEP—Ketua Dekranasda Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Nurlita Wulan Purnama membuka langsung kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging Kec. Balocci, Kab.Pangkajene dan Kepulauan, Rabu (17/06/2021).

Pelatian tersebut digelar di kantor lurah Balleanging dan diikuti 50 peserta yang terdiri dari ibu rumah tangga, pokmas bersahaja dan remaja dari komunitas pajokka Balocci.

Camat Balocci, Jaenal Sanusi S, STP.,M.Si menyampaikan Kegiatan ini untuk mengasah dan melatih kemampuan masyarakat desa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan posensi sumber daya alam seperti bambu yang ada di desa balleanging.

Sementara itu, ketua Dekranasda Pangkep menyampaikan apresiasi atas kegiatan pelatihan kerajinan bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging.

“Kegiatan ini sangat baik, saya berharap kerajinan ini nanti bisa mendorong peningkatan ekonomi warga. Untuk hasil dari kerajinan, Dekranasda Pangkep siap menampung dan mempromosikan hasil dari produk kerajinan yang diproduksi oleh masyarakat,” kata Nurlita dalam sambutannya.

Ketua Dekranasda Pangkep Buka Pelatihan Kerajinan Bambu di Balocci
Ketua Dekranasda Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Nurlita Wulan Purnama membuka langsung kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging Kec. Balocci, Kab.Pangkajene dan Kepulauan, Rabu (17/06/2021).

Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain untuk mengembangkan kerajinan yang memanfaatkan potensi lokal.

“Di Pangkep ini banyak sekali sumber daya alam yang kita bisa manfaatkan sebagai kerajinan tangan, ada marmer, rotan, kerang nanti bambu, semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain untuk mengembangkan industri kerajinan, karena ini tentu bisa menambah penghasilan bagi masyarakat dan bisa menjadi ikon serta souvenir setiap kelurahan di Pangkep,” ungkap Nurlita.

Nurlita yang juga penggiat kerajinan tangan juga menyampaikan bahwa peningkatan kualitas produk akan terus dilakukan dengan berbagai pembinaan agar kualitas produk kerajinan tangan dapat bersaing dipasaran.

“Saya dan tim dari dekranasda akan turun kelapangan untuk melihat produk hasil kerajinan yang ada di Pangkep, ini untuk melihat kualitas produk supaya bisa bersaing di pasaran, termasuk pembinaan untuk menghasilkan produk lokal yang bernilai tinggi,” tambah Nurlita.

Ketua Dekranasda Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Nurlita Wulan Purnama membuka langsung kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari bambu yang digelar oleh Majelis Taklim Kelurahan Balleanging Kec. Balocci, Kab.Pangkajene dan Kepulauan, Rabu (17/06/2021).

Nurlita juga menyampaikan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah mempunyai satu tugas utama yaitu memajukan kerajinan daerah dan tugas ini akan dilaksanakan dengan berbagai program pembinaan, fasilitas bagi para pengrajin melalui proses produksi, pelestarian karakteristik budaya dan peningkatan mutu serta pemasaran produksi.

Melalui pelatihan ini, Nurlita menginginkan dapat meningkatkan nilai jual dari setiap produk kerajinan tangan yang dihasilkan. Sehingga tidak hanya dipasarkan pada tingkat lokal, akan tetapi sudah bisa bersaing dipasarkan di tingkat regional, nasional bahkan internasional. [4ld]